TEKNIK MEWARNAI KARAKTER DAN BACKGROUND ANIMASI PADA ANAK-ANAK SANGGAR SENI BALITUNG

Authors

  • Gede Pasek Putra Adnyana Yasa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Hendra Mahajaya Pramayasa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Gede Lingga Ananta Kusuma Putra Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1142

Keywords:

teknik mewarnai, karakter, animasi, sanggar seni

Abstract

Sanggar Seni Balitung membutuhkan bimbingan lebih khusus untuk memastikan anak-anak menggunakan teknik mewarnai yang tepat dan efisien. Anak-anak dapat memanfaatkan berbagai media seperti kertas, spidol, dan cat warna untuk membantu anak-anak memahami teknik mewarnai yang lebih baik. Mewarnai dapat menjadi sarana untuk mengembangkan karakter anak-anak, seperti kesabaran, ketelitian, dan kreativitas, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pelatihan ini lebih menekankan pada pendekatan bimbingan secara mandiri yang diawali dengan penjelasan secara umum terlebih dahulu. Anak dibimbing teknik mewarnai satu per satu untuk mendapatkan pemahaman secara detail. Setelah memahami teknik dasar, anak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam mewarnai. Anak tidak hanya belajar teknik mewarnai, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka dapat memahami serta menerapkan teknik mewarnai karakter beserta background animasi sesuai arahan. Anak-anak juga menunjukkan kreativitas yang tinggi dalam memilih warna dan menyusun komposisi gambar. Keberhasilan ini tidak hanya terlihat dari hasil karya yang mereka buat, tetapi juga dari peningkatan kepercayaan diri mereka dalam mengekspresikan ide melalui seni. Pelatihan ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan seni dan kreativitas anak-anak.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.

Aminuddin, M. (2015). Tehnik mewarnai gambar dengan crayon. SlideShare. https://www.slideshare.net/slideshow/tehnik-mewarnai-gambar-dengan-crayon/49848573

Bahri, K., & Astawa, I. M. S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 5.

Gebze, N. F., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Berbasis Kearifan Lokal Papua Di TK Melati Sanggar Kegiatan Belajar Merauke. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.191

Harris, M. (2021). Teori Warna Menurut Para Ahli & Color Wheel—Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/teori-warna/

Kumparan.com. (2023). 6 Cara Mewarnai dengan Crayon untuk Pemula agar Hasilnya Memesona. kumparan. https://kumparan.com/seputar-hobi/6-cara-mewarnai-dengan-crayon-untuk-pemula-agar-hasilnya-memesona-20XKG5JuoxG

lppm.umaha.ac.id. (2022). ANTUSIASME MURID SDN SUMBERJO 3 BELAJAR TEKNIK MEWARNAI MENGGUNAKAN CRAYON. LPPM UMAHA. https://lppm.umaha.ac.id/antusiasme-murid-sdn-sumberjo-3-belajar-teknik-mewarnai-menggunakan-crayon/

sumedangkab.go.id. (2020). Meningkatkan Kreativitas Sejak Dini—Kabupaten Sumedang. https://sumedangkab.go.id/berita/detail/meningkatkan-kreativitas-sejak-dini

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

TEKNIK MEWARNAI KARAKTER DAN BACKGROUND ANIMASI PADA ANAK-ANAK SANGGAR SENI BALITUNG. (2024). Jurnal Lentera Widya, 5(2), 102-110. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1142