TEKNIK MEWARNAI KARAKTER DAN BACKGROUND ANIMASI PADA ANAK-ANAK SANGGAR SENI BALITUNG
DOI:
https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1142Keywords:
teknik mewarnai, karakter, animasi, sanggar seniAbstract
Sanggar Seni Balitung membutuhkan bimbingan lebih khusus untuk memastikan anak-anak menggunakan teknik mewarnai yang tepat dan efisien. Anak-anak dapat memanfaatkan berbagai media seperti kertas, spidol, dan cat warna untuk membantu anak-anak memahami teknik mewarnai yang lebih baik. Mewarnai dapat menjadi sarana untuk mengembangkan karakter anak-anak, seperti kesabaran, ketelitian, dan kreativitas, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Pelatihan ini lebih menekankan pada pendekatan bimbingan secara mandiri yang diawali dengan penjelasan secara umum terlebih dahulu. Anak dibimbing teknik mewarnai satu per satu untuk mendapatkan pemahaman secara detail. Setelah memahami teknik dasar, anak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam mewarnai. Anak tidak hanya belajar teknik mewarnai, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka dapat memahami serta menerapkan teknik mewarnai karakter beserta background animasi sesuai arahan. Anak-anak juga menunjukkan kreativitas yang tinggi dalam memilih warna dan menyusun komposisi gambar. Keberhasilan ini tidak hanya terlihat dari hasil karya yang mereka buat, tetapi juga dari peningkatan kepercayaan diri mereka dalam mengekspresikan ide melalui seni. Pelatihan ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan seni dan kreativitas anak-anak.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.
Aminuddin, M. (2015). Tehnik mewarnai gambar dengan crayon. SlideShare. https://www.slideshare.net/slideshow/tehnik-mewarnai-gambar-dengan-crayon/49848573
Bahri, K., & Astawa, I. M. S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 5.
Gebze, N. F., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Berbasis Kearifan Lokal Papua Di TK Melati Sanggar Kegiatan Belajar Merauke. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.191
Harris, M. (2021). Teori Warna Menurut Para Ahli & Color Wheel—Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/teori-warna/
Kumparan.com. (2023). 6 Cara Mewarnai dengan Crayon untuk Pemula agar Hasilnya Memesona. kumparan. https://kumparan.com/seputar-hobi/6-cara-mewarnai-dengan-crayon-untuk-pemula-agar-hasilnya-memesona-20XKG5JuoxG
lppm.umaha.ac.id. (2022). ANTUSIASME MURID SDN SUMBERJO 3 BELAJAR TEKNIK MEWARNAI MENGGUNAKAN CRAYON. LPPM UMAHA. https://lppm.umaha.ac.id/antusiasme-murid-sdn-sumberjo-3-belajar-teknik-mewarnai-menggunakan-crayon/
sumedangkab.go.id. (2020). Meningkatkan Kreativitas Sejak Dini—Kabupaten Sumedang. https://sumedangkab.go.id/berita/detail/meningkatkan-kreativitas-sejak-dini
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gede Pasek Putra Adnyana Yasa, I Made Hendra Mahajaya Pramayasa, Gede Lingga Ananta Kusuma Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.