PENGEMBANGAN KERAJINAN EMAS DAN PERAK PADA MELAZ SILVER DAN MARDIANA BALI JEWELRY

  • Anik Yuesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Ida Pratiwi Santi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Bagus Alit Adnyana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: usaha emas & perak, manajemen digital

Abstract

Melaz Silver dan Mardiana Bali Jewelry adalah usaha yang menawarkan perhiasan emas dan perak dengan keunikan yang terletak pada cutting dan list/pinggiran dengan ukiran pada setiap produk yang dijual sehingga memiliki daya tarik sendiri, terkesan mewah dan anggun, mengutamakan seni dan budaya Bali yang  menambah keindahan dari perhiasan sehingga membuat penggunanya terlihat elegant. Permasalahan yang dihadapi kedua mitra adalah kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan terbatasnya interaksi secara langsung pelanggan, penurunan omzet penjualan, keterbatasan kompetensi SDM dalam bidang manajemen digital, rendahnya kepercayaan IKM terhadap pemasaran digital, rendahnya kompetensi strategi penetapan harga, dan rendahnya kompetensi strategi visual produk pada media digital, belum memiliki company profil. Berdasar perasalahan tersebut maka solusi yang diberikan adalah penyusunan profil perusahaan, membuatkan deskripsi produk, mengenalkan, membangun strategi, memberikan pelatihan manajemen berbasis digital. Seluruh solusi tersebut sudah dilaksanakan 100% selama 3 bulan. 

References

Ranga, Marina, and Henry Etzkowitz. 2015. "Triple Helix systems: an analytical framework for innovation policy and practice in the Knowledge Society." InEntrepreneurship and knowledge exchange, pp. 117-158. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.5367/ihe.2013.0165 (Diakses tanggal 1 Pebruari 2021)
Fakhriyyah, D. D., & Wulandari, Y. 2021. Sosialisasi Digital Marketing Dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311-317. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/8691 (Diakses tanggal 1 April 2021)
Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. 2020. Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67-74. https://journal.neolectura.com/index.php/Kangmas/article/view/50 (Diakses tanggal 1 April 2021)
Anjaningrum, W. D. 2020. Efektivitas Digital Marketing dan Networks Dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran UKM Di Masa Pandemi Covid-19. In SENABISMA: Prosiding Seminar Nasional Bisnis dan Manajemen (Vol. 5, pp. 50-61). https://prosiding.polinema.ac.id/senabisma/index.php/senabisma/article/view/16 (Diakses tanggal 1 April 2021)
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/7416 (Diakses tanggal 1 April 2021)
Yuesti, A., & Sumantra, K. 2017. Empowerment On The Knowledge And Learning Organization For Community Development. Scientific Research Journal (SCIRJ), 5(9). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55233378/scirj-P0917439 (Diakses tanggal 4 Mei 2017)
Pramesty, I. G. A. A. D., Sudja, N., & Yuesti, A. 2020. The Effect Of Leadership And Organizational Commitment To Organizational Citizenship Behavior And Work Achievement. Scientific Research Journal Vol VIII Isue VIII. Pp125, 133. http://www.scirj.org/papers-0820/scirj-P0820800.pdf (Diakses tanggal 15 September 2020)
Yuesti, A., Ni, W. R., & Suryandari, N. N. A. 2020. Financial literacy in the COVID-19 pandemic: pressure conditions in Indonesia. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(1), 884. http://jssidoi.org/jesi/uploads/articles/29/Yuesti_Financial_literacy_in_the_COVID19_pandemic_pressure_conditions_in_Indonesia.pdf (Diakses tanggal 1 Oktober 2020)
Published
2021-05-24
How to Cite
Yuesti, A., Ida Pratiwi Santi, N. M., & Adnyana Putra, D. B. A. (2021). PENGEMBANGAN KERAJINAN EMAS DAN PERAK PADA MELAZ SILVER DAN MARDIANA BALI JEWELRY. Jurnal Lentera Widya, 2(2), 34-41. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v2i2.200