PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MAUPUN SAMPAH RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA URBAN FARMING SAYURAN

  • Nyoman Yudiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Putu Kirana Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: sampah, urban farming, verticulture

Abstract

Sampah merupakah masalah krusial namun penanganan belum optimal sehingga berdampak pada kehidupan masyarakat maupun lingkungan secara kompleks. Penanganan sampah perlu dilakukan secara massif untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat sampah secara berkepanjangan. Program pengabdian ini dilakukan untuk menangani masalah sampah. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Analisis dalam hasil pengamatan kegiatan pengabdian ini menggunakan analisis internal dan eksternal Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian program pemberdayaan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan pada Kelompok Wanita Tani di Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dalam hal: (1) Sampah plastik yakni botol plastikagar dimanfaatkan sebagai media tanaman urban farming verticulture sehingga tidak mengeluarkan banyak tambahan biaya dalam media tanam sayuran. (2) Sampah organic yakni sisa-sisa makanan rumah tangga, diolah sebagai pupuk cair organic sebagai nutrisi sayuran pada urban farming verticulture. (3) Pengaplikasian nutrisi pada urban farming verticulture sayuran dilakukan pendampingan hingga panen sehingga mendapatkan hasil yang optimal untuk mampu dilakukan secara kontinyu. Hal yang disarankan adalah agar agar semua anggota wanita tani secara berkelanjutan mengimplementasikan pengetahuan dan ketrampilannya dalam penanganan sampah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta memberdayakan masyarakat yang lebih luas.

References

Diah, A.S. 2015. Hidroponik Wick System. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Harlis, H., Yelianti, U., Budiarti, R. S., dan Hakim, N. 2019. Pelatihan Pembuatan Kompos Organik Metode Keranjang Takakura sebagai Solusi Penanganan Sampah di Lingkungan Kost Mahasiswa. Dedikasi:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-8.
Lando, A. T., Arifin, A. N., Selintung, S., Sari, K., Djamaluddin, I.,dan Caronge, M. A. 2019. Sosialisasi Dan Pendampingan Sistem Pengelolaan Sampah Menjadi Kompos Skala Sekolah di SD Inpres Kantisang, Tamalanrea. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 113-124.
Profil Desa Kekeran. 2020. Profil dan Potensi Desa Kekeran. http://desakekeran.badungkab.g o.id/ page/1196/PotensiDesa.html. Diakses pada tanggal 22 Februari 2020.
Rachmawati, N., Susilawati, S., dan Prihatiningtyas, E. 2020. Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos Untuk Mendukung Kampung Pro Iklim. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 4(2).
Virgota, A., Farista, B., Candri, D. A., Ahyadi, H., dan Jupri, A. 2019. Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Pengolahan Sampah Sebagai Kompos di Kelurahan Dasan Geres Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2).
Published
2021-05-24
How to Cite
Yudiarini, N., & Kirana Pratiwi, L. P. (2021). PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MAUPUN SAMPAH RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA URBAN FARMING SAYURAN. Jurnal Lentera Widya, 2(2), 42-48. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v2i2.201