PENERAPAN DESAIN KARAKTER PADA MURAL DALAM KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA BONGAN, TABANAN

  • Gede Lingga Ananta Kusuma Putra Sekolah Tinggi Desain Bali
  • I Gst Bagus Bayu Baruna Ariesta IDB Bali
  • Ni Wayan Nandaryani IDB Bali
Keywords: Desain karakter, Mural, Desa Bongan

Abstract

Dilihat dari bidang keilmuan para Dosen dan Mahasiswa Institut Desain dan Bisnis Bali yang berkaitan dengan seni, maka bentuk pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan adalah melakukan kegiatan Mural. Desain karakter yang diterapkan dalam Mural dapat berupa manusia, hewan ataupun benda lainnya. Pengerjaan desain karakter dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dikerjakan melalui tahapan digital, dari sketsa, outline, sampai dengan pewarnaan. Penerapan desain karakter diperlukan dalam mural yang dikerjakan agar mural tersebut memiliki daya tarik, dan mampu memperindah lingkungan sekitarnya. Diharapkan dengan penerapan Desain Karakter pada desain  Mural dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Institut Desain dan Bisnis Bali ini dapat membantu mempercantik dan memperindah Lingkungan Kawasan Wisata Air Terjun Grembengan, Desa Bongan Tabanan.

References

Anonim. Mural Adalah : Sejarah dan Perbedaan Seni Mural Dengan Graffiti
https://adalah.co.id/mural/
(diakses tanggal 18 Desember 2020)
Gazali, M. (2017). Jurnal Imajinasi. Jurnal Imajinasi, XI(1).
Hardiyarso, S. (2020). Etika Komunikasi Visual: Pencarian Kebenaran Dalam Pemahaman Antara Yang Dilihat Dan Yang Dipikirkan. Jurnal Komunikasi Dan Media.
Novica, D. R., & Hidayat, I. K. (2019). KAJIAN VISUAL DESAIN KARAKTER PADA MASKOT KOTA MALANG. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies).
Luthfi W., 2020. Perbedaan Mural dan Graffiti, Gambar yang Percantik Gang dan Jalanan
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/03/19/perbedaan-mural-dan-graffiti-gambar-yang-percantik-gang-dan-jalanan
(diakses tanggal 18 Desember 2020)
Published
2021-05-24
How to Cite
Kusuma Putra, G. L., Ariesta, I. G. B., & Nandaryani, N. W. (2021). PENERAPAN DESAIN KARAKTER PADA MURAL DALAM KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA BONGAN, TABANAN. Jurnal Lentera Widya, 2(2), 26-33. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v2i2.205