PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESAIN MODE IDB BALI UNTUK KEGIATAN JAKARTA MUSLIM FASHION WEEK

  • Made Arini Hanindharputri
  • Ni Putu Emilika Budi Lestari Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: Video promosi, Desain Mode, JMFW

Abstract

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menggelar acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) sebagai langkah awal Indonesia dalam memposisikan diri sebagai pusat fesyen muslim dunia. Program studi Desain Mode IDB Bali berhasil lolos dalam seleksi untuk mengikuti  parade fesyen di JMFW dan menghasilkan 6 busana dengan kain bercorak Indonesia. Untuk menunjang proses promosi dan branding dari busana muslim yang dirancang, program studi desain mode memerlukan video promosi singkat. Adapun tahapan pelaksanaan selama kegiatan dimulai dari Pra Produksi, produksi dan post produksi sehingga menghasilkan video berdurasi 01:04 menit sesuai dengan story board yang sudah dirancang. Keseluruhan isi video disesuaikan dengan storyboard yang sudah dirancang dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: (a) Kesesuaian busana setelah digunakan oleh model, (b) Detail bahan dan detail jahit, (c) Ekspresi model dan kesatuan busana jika ditampilkan bersamaan, (d) Penggunaan aksesoris dan kesesuaian dengan busana dan (e) Logo pihak sponsor. Video ini diharapkan dapat menunjang proses promosi dan branding dari busana muslim yang dirancang oleh prodi Desain Mode sehingga secara tidak langsung dapat membangun dan meningkatkan citra prodi Desain Mode di masyarakat.

References

Busyaeri Akhmad,Udin Tamsik dan Zaenuddin A. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Cirebon : Syekh Nurjati. Kournal AL Ibtida ISSN :2527-7227 Vol. 3 no.1
Fajar Kusumo, & Sulartopo Sulartopo. (2019). PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA TOKO CITRA MEUBEL SEMARANG. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(1), 33-41. Retrieved from https://journal.stekom.ac.id/index.php/pixel/article/view/61
Hanindharputri, M. A., & Irhandi, I. G. N. G. (2020). KONTEN VISUAL INSTAGRAM PLAGA WINE SEBAGAI UPAYA BRANDING KEPADA GENERASI MILENIAL. Jurnal Nawala Visual, 2(1), 54-59. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.78
Maryati, Sri, 2013. Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 Vol 10 No 1.
Nisrina. Annisa. 2021. JMFW, Langkah Awal Jadikan Indonesia Pusat Fesyen Muslim Dunia. Artikel Online. https://www.idntimes.com/life/inspiration/annisa-nisrina-3/jmfw-langkah-awal-jadikan-indonesia-pusat-fesyen-muslim-dunia/1 (diakses tanggal 13 Desember 2021)
Published
2021-12-22
How to Cite
Hanindharputri, M. A., & Budi Lestari, N. P. (2021). PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESAIN MODE IDB BALI UNTUK KEGIATAN JAKARTA MUSLIM FASHION WEEK. Jurnal Lentera Widya, 3(1), 60-65. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v3i1.281