SOSIALISASI DAN WORKSHOP KREATIVITAS DI YAYASAN RUMAH IMPIAN KOTA DENPASAR

(“Being Creative Through Play, Experiment, Whatever”)

  • Ni Kadek Yuni Utami Sekolah Tinggi Desain Bali
  • Ni Made Sri Wahyuni Trisna Sekolah Tinggi Desain Bali
Keywords: Workshop, Kreativitas, Anak dan Remaja

Abstract

Menjadi kreatif pada anak dan remaja sesungguhnya dapat berawal dari apapun. Terkadang ide dalam sebuah desain dapat muncul melalui permainan, percobaan dan pengalaman yang pernah dialami atau dirasakan sebelumnya. Namun tingkat kreativitas seringkali meredup karena sedikitnya kesempatan atau lingkungan yang kurang mendukung. Selain itu,  terbatasnya kegiatan yang dapat dilakukan menjadikan ide kretif mereka tidak tersalurkan dengan baik sehingga diperlukan adanya kegiatan dalam menemukan manfaat dan upaya mendorong berkembangnya potensi kreativitas pada anak dan remaja. Kegiatan sosialisasi dan workshop pengabdian masyarakat program studi Desain Interior Sekolah Tinggi Desain Bali ini dilakukan di Yayasan Rumah Impian kota Denpasar pada tanggal 23 September 2019 dengan tujuan mengajak peserta untuk memunculkan kreativitas mereka melalui penggunaan material, tekstur atau bentuk dalam membuat sebuah ide awal merancang sebuah objek atau desain. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode persentasi dan workshop yang akan dibagi menjadi beberapa tahapan. Hasil yang didapat dalam kegiatan ini adalah peserta memahami bahwa menjadi kreatif dapat muncul dari hal-hal sederhana di sekitarnya.

References

Mukhidin, dkk. 2010. Sosialisasi Keselamatan Kerja Elektronika Rumah Tangga di Desa Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. http://jurnal.upi.edu/file/Artikel_Pengabdian_Kepada_Masyarakat_(mukhidin).pdf (diakses tanggal 13 Desember 2019)
Esyani, Ika. 2015. Pentingnya Kreativitas Bagi Remaja. Artikel online. http://blog.unnes.ac.id/ikajuli/2015/11/19/pentingnya-kreativitas-bagi-remaja/ (diakses tanggal 13 Desember 2019)
Rosmawati. 2018. Perkembangan Peserta Didik (Psikologi Perkembangan Remaja). http://repository.unri.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/9104 (diakses tanggal 13 Desember 2019)
Beth, Hendrik. Creative Process: Definition & Stages https://study.com/academy/lesson/creative-process-definition-stages.html (diakses 13 Desember 2019)
Published
2019-12-22
How to Cite
Utami, N. K. Y., & Trisna, N. M. S. W. (2019). SOSIALISASI DAN WORKSHOP KREATIVITAS DI YAYASAN RUMAH IMPIAN KOTA DENPASAR. Jurnal Lentera Widya, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v1i1.59