Strategi Gapoktan Kendal dalam Menghadapi Era Industri 4.0 melalui Media Digital

Authors

  • Annisa Fajri Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v4i2.616

Keywords:

media digital, sosial media, promosi

Abstract

Abstrak menggambarkan konten dasar dari tulisan dengan jelas dan singkat, sehingga dapat dipakai sebagai panduan bagi pembaca dalam menentukan tingkat relevansinya terhadap kebutuhan mereka secara cepat. Abstrak harus informatif dan memberikan pernyataan yang jelas apa permasalahan yang ada, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan hasil yang menunjukkan solusi dari permasalah tersebut. Panjang abstrak sebaiknya 90 sampai 200 kata. Salah satu pihak yang memerlukan digital marketing adalah Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) yang mulai memasarkan produk hasil pertaniannya. GAPOKTAN merupakan organisasi wadah pengembangan petani/kelompok tani yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama di wilayah desa/kelurahan. Oleh karena itu, dalam usulan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan dijalankan program pelatihan digital marketing dasar yang meliputi penggunaan pembuatan logo, packaging, google maps, dan sosial media. Melalui program ini, pihak GAPOKTAN Kendal berharap tim FE UNIMUS dapat membantu anggotanya dalam peningkatan kemampuan penggunaan digital marketing untuk penjualan hasil pertanian. Disamping itu, pihak GAPOKTAN juga berharap supaya anggota mereka dapat mandiri dalam hal penggunaan teknologi informasi dan sosial media yang menunjang dalam produksi dan promosi hasil produk pertanian.

References

Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, (April 2015), 327–337.
Bambang, S.W., & Diaz, H. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077
Dedi, P.S., Rahmi., & Shandy, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Eunike, S., & Sony, H. P. (2018). Analisis Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Pengunjung (Studi Pada Kampoeng Kopi Banaran, PT. Perkebunan Nusantara IX kabupaten Semarang). Jurnal Ilmiah Agrineca, 19(2).
Iwan, M.R., Abdurrahman, F., Isah, A., Susilawati., & Iwan, S. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 137–142.
Kannan, P. K., & Hongshuang, A. L. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Made, I. B. D. (2017). Google Bisnis, Sim Dan Sia Guna Menetukan HPP Sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatkan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, 1(1).
Mohamad, T.F., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Mutia, M., Achmad, H.N.L., & Hanim, M. A. (2012). Faktor-Faktor PengaruhMedia Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing : Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik Pomits, 1(1), 1–6.
Nursatyo & Dini, R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430
Prasetyo, D.S., Fahimatul, U., & Mustaqim. (2020). Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Era E- commerce & Media Sosial. Jurnal Pengabdian Balerang, 2(February), 0–5. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1625.
Rianita, P.S., Deri, T.S., & Dewi, P. (2020). Analisis Kesiapan UMKM Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing Dalam Konteks Industri 4.0. 15(2), 63–72.
Rolly, M.A., Dani, L.S., Tamadara, H., Muchamad, I, K., & Muhammad, W. A. . (2020). Pelatihan Google Bisnisku Dalam Rangka Pemetaan Digital UKM di Desa Wangunharja. 1(2), 47–49.
Rutman, L.T., Posma, S.J.K., Emma, T., & Suzanna, J. L. T. (2020). Pengenalan Pemasaran Menggunakan Internet Kepada Jamaah Masjid Cawang. Jurnal IKRAITH ABDIMAS, 3(1).

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Fajri, A. (2023). Strategi Gapoktan Kendal dalam Menghadapi Era Industri 4.0 melalui Media Digital. Jurnal Lentera Widya, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v4i2.616