KAJIAN PENGARUH COPYWRITING KREATIF TERHADAP IDENTITAS BRAND KEDAI KOPI TAKEAWAY DI DENPASAR

Authors

  • Made Vairagya Yogantari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gst Bagus Bayu Baruna Ariesta Institut Desain dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i1.160

Keywords:

Copywriting, Identitas Brand, Kedai Kopi Takeaway

Abstract

Dewasa ini, di tengah kemajuan teknologi digital dan perkembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia membuat banyak usaha yang mengoptimalkan penggunaan copywriting yang kreatif di dalam membangun identitas brand-nya. Dari tujuh belas sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia, salah satu yang paling berkembang disumbangkan oleh industri makanan dan minuman. Copywriting sangat erat kaitannya dengan promosi dan branding karena pesan yang dikomunikasikan melalui copywriting merupakan jembatan dari brand menuju konsumen agar produk yang dijual mampu menampilkan karakter yang berbeda dibandingkan dengan kompetitornya. Oleh karena hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh copywriting kreatif terhadap identitas brand kedai kopi take away di Denpasar dengan mengambil enam objek kasus untuk kemudian diklasifikasi berdasarkan copywriting yang digunakan. Hasil yang diperoleh dapat menjadi acuan untuk mempertimbangkan copywriting dalam proses perancangan identitas dari sebuah usaha.

References

[1] R. McClung, “The History, Application, and Worth of Copywriting,” Mei 2016.
[2] A. Robert. "Successful Copywriting". The McGraw-Hill Companies, Inc., 2012.
[3] Sindo, “Industri Perkebunan Topang Ekonomi Nasional,” 2019. https://ekbis.sindonews.com/berita/1368165/34/industri-kuliner-topang-ekonomi-nasional?showpage=all (diakses Agustus 7, 2019).
[4] Y. A. MUSIKA, “SEKILAS BISNIS SPECIALITY COFFEE SHOP DI TAHUN 2018,” Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/sekilas-bisnis-speciality-coffee-shop-di-tahun-2018/ (diakses Agustus 25, 2019).
[5] M. V. Yogantari dan N. K. A. Dwijendra, “Visual Content by Consumer in Promoting Sustainable Culinary Business,” J. Soc. Polit. Sci., vol. 2, no. 3, hal. 610–615, 2019, doi: 10.31014/aior.1991.02.03.102.
[6] D. Bisoyi, U. Barua, dan E. Guha, “Effective Communication of Product Information : A Copy Writing Methodology,” vol. 6, no. 4, hal. 1–3, 2013.
[7] J. Adiprasetio dan U. Padjadjaran, “COPYWRITING DAN JURNALISME : TIRTO . ID DAN KIAT MEMASARKAN BERITA,” January, 2019.
[8] E. Madison, ”Types of Copywriting,” 2018. https://study.com/academy/lesson/types-of-copywriting.html (diakses Agustus 10, 2019).
[9] A. Wheeler, ”Designing Brand Identity: An Essential Guide For The Entire Branding Team”. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey., 2018.
[10] R. Jain, ”Basic Branding Concepts: Brand Identity, Brand Image and Brand Equity.” International Journal of Sales & Marketing Management Research and Development (IJSMMRD) Vol. 7, Issue 4, Aug 2017, 1-8, 2017.
[11] Badan Ekonomi Kreatif, ”Kopi, Indonesian Coffee Craft & Culture”. Afterhours Books, Jakarta., 2017.
[12] S. Trihatmaji, ”Kreativitas Bisnis Kopi dan Permodalannya,” 2017. https://www.bekraf.go.id/berita/page/12/kreativitas-bisnis-kopi-dan-permodalannya (diakses Agustus 14, 2019)

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). KAJIAN PENGARUH COPYWRITING KREATIF TERHADAP IDENTITAS BRAND KEDAI KOPI TAKEAWAY DI DENPASAR. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i1.160