KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA TENGANAN DAUH TUKAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA PANDEMI

Authors

  • Ni Wayan Nandaryani
  • Ngurah Adhi Santosa Institut Desain Dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i1.331

Keywords:

konten instagram, media promosi, desa wisata, tenganan dauh tukad, pasca pandemi

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang pertama kali ditemukan di China. Pada awal tahun 2020 virus ini telah masuk ke Indonesia dan mengakibatkan krisis ekonomi dan lumpuhnya pariwisata khususnya di pulau Bali. Hal ini juga berdampak pada Desa Wisata Tenganan Dauh Tukad. Dengan ditutupnya akses masuk wisatawan luar ke Indonesia juga berdampak pada berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Tenganan Dauh Tukad. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar pariwisata di desa Tenganan Dauh Tukad kembali bangkit pascapandemi maka diperlukan sebuah sarana promosi yang akan digunakan untuk mempromosikan kembali desa Tenganan Dauh Tukad. Media promosi yang dirasa efektif adalah konten instagram, melihat semakin banyaknya pengguna instagram setiap tahunnnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data observasi, dokumentasi dan juga kepustakaan. Teori yang digunakan untuk menciptakan media ini adalah teori desain. Dengan terciptanya media promosi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke desa wisata Tenganan Dauh Tukad sehingga ekonomi pascapandemi bisa bangkit kembali.

References

Ashari, N. A., & Patria, A. S. (2021). PERANCANGAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM TENUN IKAT “PARADILA” LAMONGAN. Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 6(2), 237. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3082
Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem. (n.d.). Desa Pakraman Tenganan Dauh Tukad – Dinas Kebudayaan. Retrieved February 17, 2022, from http://disbud.karangasemkab.go.id/data-budaya/desa-pakraman-tenganan-dauh-tukad/
Julianto, K. T., Febriani, R., & Kristen Petra, U. (n.d.). Perancangan Media Promosi Desa Wisata Tulungrejo, Batu. Retrieved March 10, 2022, from https://media.neliti.com/media/publications/87243-ID-perancangan-media-promosi-desa-wisata-tu.pdf
Nandaryani, N. W. (2020, March). POSTER SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN TRADISI PERANG PANDAN DI DESA TENGANAN DAUH TUKAD KARANGASEM. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (S ENADA) . https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/300/203
Napoleon Cat. (2021). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021 Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021
Octovianus, B. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DESA WISATA SEJARAH KELOR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DESIGN MEDIA PROMOTION VILLAGE TOUR HYSTORY KELOR IN SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA.
Wibowo, T. (n.d.). Perancangan Konten Instagram Pada Indoraya Furniture (Vol. 1). http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Downloads

Published

2022-05-02

How to Cite

Nandaryani, N. W., & Santosa, N. A. (2022). KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA TENGANAN DAUH TUKAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA PANDEMI. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i1.331