BUKU ILUSTRASI TENTANG BAHAYA FOOD WASTE BAGI REMAJA USIA 18-24 TAHUN
Abstract
Limbah makanan merupakan permasalahan global yang jumlahnya terus meningkat dan dampaknya dirasakan oleh seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi dan edukasi tentang bahaya limbah makanan sehingga remaja sebagai generasi muda perlu mengetahui informasi cara mencegahnya serta dilibatkan dalam mengatasi persoalan lingkungan hidup. Namun, memberikan pemahaman informasi dan edukasi kepada remaja tentu tidak mudah sehingga perlu ada media yang efektif, interaktif dan menarik. Maka informasi tersebut disampaikan melalui buku ilustrasi yang dilengkapi dengan teks informatif dan ilustrasi yang bertujuan untuk menarik perhatian, mempertajam ingatan dan memudahkan remaja dalam memahami informasi tentang mencegah dan mengatasi bahaya limbah makanan. Metode pengumpulan data dalam perancangan buku ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan melalui kuesioner, wawancara dan observasi kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis 5W+1H. Dengan metode tersebut maka buku ilustrasi tentang bahaya limbah makanan dapat menghasilkan konsep verbal dan visual buku yang menarik target audiens sehingga permasalahan tersebut dapat dicegah dan teratasi.
References
[2] Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Direktorat Penanganan Sampah. “Grafik Komposisi Sampah Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). Internet: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/, 17 April 2023 [Nov. 20, 2022]
[3] Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), “Laporan Kajian Food Loss and Waste di Indonesia,” Jakarta, 2021.
[4] E. Kusumawardhani, “Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Makanan (Food waste) Rumah Tangga (Studi Kasus: Komplek Kedung Badak Baru, Kota Bogor),” 2021.
[5] L. Silfiana and S. Samsuri, “Keterlibatan Warga Negara Muda dalam Gerakan Kewarganegaraan Ekologis untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan,” Jurnal Studi Pemuda, vol. 8, no. 2, p. 127, 2019, doi: 10.22146/studipemudaugm.48180.
[6] S. Zhafirah, “PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI 4 MACAM KEPRIBADIAN REMAJA USIA 16-18 TAHUN,” Citradirga-Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, vol. 2, no. 02, pp. 1–12, 2020.
[7] A. T. Syifana, “Perancangan Buku Ilustrasi Tanaman Herbal Sebagai Media Informasi Bahan Perawatan Kecantikan Wajah Untuk Remaja Putri,” Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, 2018.
[8] N. L. Zakiyah, “BUKU ILUSTRASI POLA ASUH YANG TEPAT UNTUK MENUMBUHKAN EMOSI POSITIF ANAK,” Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, vol. 23, no. 3, pp. 136–145, 2020.
[9] R. A. Fadhallah, Wawancara. Unj Press, 2021.
[10] M. Makbul, “Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian,” 2021.
[11] V. Herlina, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.
[12] S. Saleh, Analisis Data Kualitatif, Bandung: Pustaka Ramadhan, 2017.
[13] Rustan, S. Font dan Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Copyright (c) 2023 Saniyah Azzaliyah Putri, Masnuna ., Mahimma Romadhona

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.