RANCANGAN PRODUK DAUR ULANG MELALUI METODE CIRCULAR DESIGN

  • Devanny Gumulya Pelita Harapan University
Keywords: desain sirkular, desain produk, daur ulang

Abstract

Di tengah perubahan ekonomi linear menjadi sirkular maka muncul paradigma baru dalam desain yaitu circular design (CD), kerangka pemikiran perancangan desain yang menekankan pemilihan material yang lebih baik, desain produk terstandarisasi serta komponen yang modular. Paper ini membahas bagaimana menerapkan prinsip circular design dalam aktivitas merancang produk dari bahan daur ulang kertas. Peningkatan online shopping meningkatkan limbah kemasan  dan salah satunya adalah kemasan berbahan kertas.  Hasil penelitian adalah urban farming starter kit yang dibuat 100% dari bahan daur ulang kertas mulai dari kemasan hingga sebagai media tanam bibit. Pengetahuan baru dari metode circular design yang didapatkan dari proses penelitian adalah penelitian menambahkan kata deskriptif dari 4 tahapan circular design yaitu : understand the material and the context, define the problem and design principles, make responsibly, release to learn. Penelitian ini bermanfaat bagi mahasiswa desain produk yang baru pertama kali ingin mencoba menerapkan prinsip circular design.

References

[1] D. Gumulya, J. T. Purba, E. S. Hariandja, and R. Pramono, “Eco Design Strategies at Indonesian Creative Social Enterprises,” Arch. Des. Res., vol. 35, no. 3, pp. 7–33, Aug. 2022, doi: 10.15187/ADR.2022.08.35.3.7.
[2] M. Moreno Beguerisse, O. Ponte, and F. Charnley, “Taxonomy of design strategies for a circular design tool,” PLATE Prod. Lifetimes Environ. 2017 - Conf. Proc. (Research Des. Ser. Vol. 9), Nov. 2017, doi: 10.3233/978-1-61499-820-4-340.
[3] A. K. Kamrani and S. M. Salhieh, Product Design for Modularity. 2002. doi: 10.1007/978-1-4615-1725-2.
[4] P. J. Stappers and E. Giaccardi, “Research through Design | The Encyclopedia of Human-Computer Interaction, 2nd Ed.,” 2018. https://www.interaction-design.org/literature/book/the-encyclopedia-of-human-computer-interaction-2nd-ed/research-through-design (accessed May 04, 2022).
[5] Euromonitor, “TOP 10 TRENDS CONSUMER GLOBAL 2022,” Euromonitor Int., 2022, [Online]. Available: https://go.euromonitor.com/rs/805-KOK-719/images/wpGCT22EN-v1.1.pdf?mkt_tok=ODA1LUtPSy03MTkAAAGDfsUJumW26Ch_5TrtYUq_RueBLk7Gq8F6VOwg8HGQzvdz9YJb2ztujCbvoQs-xJcHNUbKwUmWE6-W7DHadx7FYYE7C34B4VlLnevUeiVXJ2gM-CTd
[6] C. Grebitus, L. Chenarides, R. Muenich, and A. Mahalov, “Consumers’ Perception of Urban Farming—An Exploratory Study,” Front. Sustain. Food Syst., vol. 4, no. June, pp. 1–13, 2020, doi: 10.3389/fsufs.2020.00079.
Published
2023-05-02
How to Cite
Gumulya, D. (2023). RANCANGAN PRODUK DAUR ULANG MELALUI METODE CIRCULAR DESIGN. Jurnal PATRA, 5(1), 7-15. https://doi.org/10.35886/patra.v5i1.480

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>