PERANCANGAN VISUAL BRANDING DAN MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA TAMAN LEGON SAMATRA NUSAMARA DESA YEHEMBANG KANGIN KABUPATEN JEMBRANA
Keywords:
Karakter, Visual Branding, Promosi, AlamAbstract
Objek wisata Taman Legon Samatra Nusamara adalah salah satu objek wisata alam yang ramah lingkungan dan memiliki potensi alam seperti river tubing, waterfall, Pengklukatan Panca Tirta, Pura Beji, dan Monumen Perjuangan Rakyat Nusamara. Objek wisata ini berdiri pada tahun 2016 beralamat di Banjar Nusamara, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. objek wisata tersebut dikelola oleh Bapak I Gede Sidentra yang selaku ketua POKDARWIS di objek wisata Taman Legon Samatra Nusamara. Namun objek wisata ini belum banyak diketahui oleh masyarakat domestik maupun mancanegara karena kurangnya media promosi yang dimiliki serta tidak adanaya karakter atau kesan yang ditonjolkan dari objek wisata tersebut, dilihat dari tidak adanya visual branding berupa logo yang berkarakter serta media promosi yang tidak konsisten. Sehingga diperlukan adannya perancangan visual branding dan media promosi yang tepat untuk membranding objek wisata Taman Legon Samatra Nusamara agar lebih dikenal masyarakat luas. Untuk mendukung perancangan ini penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa data observasi, wawancara, dokumentasi, kepustakaan dan kajian internet. Serta teori yang penulis gunakan terdiri dari teori Branding, Visual Branding, Brand, Semiotika, Identitas Visual, Logo, GSM, Promosi, Unsur-unsur Desain, Kriteria Desain, Prinsip-Prinsip Desain, Periklanan dan Media, dan Teknik Cetak. Konsep yang diambil dalam perancangan ini adalah “Natural Coolness” yang berarti Mempresentasikan dari suasana yang dirasakan apabila berada diobjek wisata Taman Legon Samatra Nusamara. Serta media yang dirancang terdiri dari media utama seperti Logo dan GSM, Media sosial Instagram dan facebook, sedangkan media pendukung terdiri dari poster, tiket gelang, stationery (kartu nama, kop surat, amplop dan stempel), papan nama dan Signage (Petunjuk arah).