PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI É/BOUQUET FLOWER STUDIO DI DENPASAR

  • Dewa Ayu Kade Mirah Pratiwi Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Maha Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Dewa Gede Purwita Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: media komunikasi visual, É/Bouquet Flower Studio, promosi

Abstract

Rangkaian bunga sering dipergunakan sebagai bentuk apresiasi maupun hadiah kepada seseorang. Hal tersebut menyebabkan banyak bermunculan bisnis florist di kota-kota seperti di kota Denpasar. Salah satunya adalah É/Bouquet Flower Studio yang merupakan salah satu toko yang bergerak pada bidang usaha penjualan bunga potong, merangkai bunga hingga jasa pada bidang dekorasi. Permasalahan yang dihadapi oleh É/Bouquet Flower Studio adalah penurunan omset sejak tahun 2020 karena adanya pandemi covid-19 dan belum memaksimalkan media promosi yang ada. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu adanya solusi untuk merancang desain media promosi untuk mengoptimalisasikan media-media promosi yang sudah ada serta dapat mengadaptasi kondisi pandemi. Dalam proses perancangan menggunakan metode pengumpulan data secara kualitatif yang meliputi metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, kajian internet, dokumentasi dan analisis target segmentasi pasar. Berdasarkan analisis data tersebut, maka muncul konsep “Rum Ning Alam” untuk membuat visualisasi desain media diantaranya, video Reels dan Tiktok, konten sosial media berupa Instagram Feed dan Instagram Story, dekorasi marketplace, filter Instagram, apron, pita, wrapping paper dan signboard

Published
2021-12-28
How to Cite
Kade Mirah Pratiwi, D. A., Angga Maha Putra, I. K., & Gede Purwita, D. (2021). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI É/BOUQUET FLOWER STUDIO DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 2(2), 77-85. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/284

Most read articles by the same author(s)