PERANCANGAN ANIMASI PENDEK SEBAGAI SARAN KAMPANYE STOP BUANG ANJING DI DENPASAR

Authors

  • I Made Boy Nugraha Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Dewa Gede Purwita Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Gede Lingga Ananta Kusuma Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Animasi Pendek, Denpasar, Kampanye, Stop Buang Anjing

Abstract

Banyaknya anjing liar di Bali khususnya di Denpasar tidak terlepas dari peran masyarakat itu sendiri, dengan tindakan membuang anjing peliharaannya. Permasalahan yang akan terjadi apabila prilaku membuang anjing ini terus berlanjut akan, munculnya kekerasan terhadap anjing serta berbagai virus, maka dari itu perlu dilakukan sebuah upaya salah satunya dengan  perancangan animasi pendek sebagai sarana kampanye Stop Buang Anjing di Denpasar, tujuannya memberikan edukasi dan informasi untuk merubah pola pikir masyarakat sekaligus menanamkan komitmen di dalam memelihara anjing. dalam proses perancangan animasi teori yang di gunakan dalam merancang animasi pendek yaitu teori dua belas prinsip animasi dan teori prinsip desain digunakan dalam perancangan media pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode kepustakaan dan metode kajian internet. “Atraktif” sebagai konsep dalam perancangan kampanye Stop Buang Anjing di Denpasar melalui media animasi pendek, x-banner,poster,t-shirt, totebag, booth 3D design,standing karakter, konten challenge Instagram instastory,stiker, konten youtube dengan demikian diharapkan mampu menekan kasus penelantaran anjing sehingga kasus membuang anjing peliharaan tidak terjadi lagi di lingkungan masyarakat kota Denpasar.   

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

PERANCANGAN ANIMASI PENDEK SEBAGAI SARAN KAMPANYE STOP BUANG ANJING DI DENPASAR. (2021). Jurnal Selaras Rupa, 2(2), 95-103. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/286

Most read articles by the same author(s)