PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KIMI-KIMI FRUIT DESSERT DI DENPASAR
Keywords:
Desain Komunikasi Visual, Media Promosi, Kimi-Kimi Fruit DessertAbstract
Kimi-Kimi Fruit Dessert merupakan salah satu tempat yang menjual berbagai olahan buah menjadi hidangan penutup. Keunggulan dari Kimi-Kimi Fruit Dessert menawarkan beraneka ragam hidangan penutup dengan buah segar bernuansa santai seperti Smoothies, Fruit Soup, Fruit Salad dan Premium Dessert dengan bahan utamanya menggunakan buah. Selama usaha ini berjalan, setidaknya sudah memiliki 5 (lima) media promosi berupa logo, neon box, poster, menu dan media sosial (instagram). Selama ini media promosi menu maupun poster yang digunakan oleh Kimi-Kimi Fruit Dessert belum maksimal dan tidak adanya konsistensi dalam media promosinya. Hal ini menyembabkan omset penjualan di Kimi-Kimi Fruit Dessert menurun. Maka dari itu menarik minat konsumen terutama para remaja untuk mengkonsumsi olahan buah, penulis merancang media promosi Kimi-Kimi Fruit Dessert dengan konsep “Freshly” yang berkarakter segar dan ceria. Dalam proses perancangan, penulis akan merancang media sosial (instagram), roll-up banner, flyer, menu, tent card promo, poster, banner, voucher dan member card. Sedangakan untuk menyusun penulisan, metode yang akan digunakan adalah metode wawancara, observasi, kepustakaan dan kajian internet. Dan teori yang penulis gunakan sebagai acuan yaitu teori ilustrasi fotografi, ilutrasi digital, teori tipogarafi, teori warna, teori teks/copywriting dan teori semiotika. Dengan adanya perancangan media promosi ini, diharapakan adanya media promosi yang lebih menarik, Kimi-Kimi Fruit Dessert akan lebih dikenal oleh masyarakat dan mampu menambah nilai profit bagi usaha tersebut.
References
A.M, Morrisan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Renika Cipta
Anggraini dan Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar – Dasar Panduan UntukPemula. Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia.
Endar Sugiarto dan Sulartiningrum. 2001. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia.
Hasan, Alwi. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : P.N Balai Pustaka.
Hendratman, Hendi. 2014. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan; Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit
Andi Yogyakarta.
M. Nazir, 1988. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nasrullah, R. 2015 Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta:
Penerbit Andi Yogyakarta.
Poerwadarminta W.J.S. 1996. Kamus Besar Umum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rustan, Surianto.2014. Font & Tipografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Soleh, Andi Muhammad, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SUSU KEDELAI MY SOYA." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 1-10.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen; Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis. 2007. Metode Rise tuntuk Desain Komunikasi
Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi keempat. Jakarta: Gramedia.
Sugono, Dendy, dkk. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.