PERANCANGAN VIDEO TUTORIAL DONGENG MADE TARO SEBAGAI SARANA KAMPANYE SANGGAR KUKURUYUK DI DENPASAR

  • Muhammad Firman Wahyudi Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Arya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Kadek Angga Dwi Astina Institut Desain dan Bisnis Bali

Abstract

Dongeng terasa asing di mata anak – anak karena pada saat ini banyak orang tua yang belum tahu tentang tata cara mendongeng yang baik dan benar. Pada saat ini di Bali ada salah satu Sanggar yang memperkenalkan dongeng adalah Sanggar Kukuruyuk milik Bapak Made Taro. Bapak Taro mendongeng dengan menggabungkan permainan Bali dan nyanyian Bali dalam bentuk Operet. Bapak Made Taro ingin, agar kegiatan yang ada di Sanggar Kukuruyuk ini dapat disalurkan melalui teknologi. Maka penulis tertarik memberikan solusi berupa sebuah video tutorial mendongeng yang nantinya tutorial tersebut akan dijelaskan oleh Bapak Made Taro melalui video. Sekaligus menjadi kampanye Sanggar Kukuruyuk tentang mengajak orang tua untuk mendongeng. Metode yang digunakan diantaranya adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Selanjutnya dari hasil data tersebut, dilakukan tahap brainstorming, pencarian moodboard, dan desain referensi. Hasilnya adalah menerapkan konsep ”Creativity is Colorful” yang memiliki arti kreatifitas yang memiliki banyak warna. Dengan menggunakan gaya desain yaitu Late Modern Design. Maka media yang akan dirancang yaitu konten youtube yang berisi video tutorial tata cara mendongeng, media sosial instagram, buku pedoman sebagai media utama. booth, roll up banner, fanspage facebook, kaos / T-shirt, merchandise sebagai media penunjang. Diharapkan dengan adanya perancangan video tutorial mendongeng ini, dapat membantu masyarakat umum terutama orang tua agar lebih mudah berdongeng dengan anaknya.

References

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta.

Anggraini S., Lia dan Nathalia Kirana. 2018.”Desain Komunikasi Visual; Dasar Dasar Panduan Untuk Pemula“. Bandung: Nuansa Cendekia.

Ajeng, Wind. 2014.“Jago Membuat Video Tutorial”. Jakarta: Dunia Komputer.

Arina, Ni Luh Putu Diah Desvi. 2019.“Denpasar Must Be Kreatif”. Jakarta: PT Gramedia.

Bungin, M Burhan. 2007.”Penelitian Kualitatif”. Jakarta: Prenada Media Group

Guna, I Gusti Made Dwi. 2014.“Mendongeng dan Bermain Sepanjang Waktu”. Yogyakarta: Media Kreativa.

Hendratman, Hendi, 2014.”Computer Graphic Design”. Bandung: Penerbit Informatika.

Jogiyanto. 2008.”Metodologi Penelitian Sistem Informasi”. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Jonathan Sarwono dan Hary Lubis, 2007.”Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual”. Yogyakarta: Andi Offset

Komputer, Wahana. 2008.”Video Editing dan Video Production”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pratama, I. Gede Yudha. "VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KAUM DIFABEL." Jurnal Nawala Visual 3.1 (2021): 17-22.

Kusrianto, Adi. 2007. “Pengantar Desain Komunikasi Visual”. Yogyakarta : Andi.

Published
2022-05-21
How to Cite
Firman Wahyudi, M., Arya Putra, I. P. D., & Dwi Astina, K. A. (2022). PERANCANGAN VIDEO TUTORIAL DONGENG MADE TARO SEBAGAI SARANA KAMPANYE SANGGAR KUKURUYUK DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 3(1), 65-73. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/378

Most read articles by the same author(s)