PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF TANAM KINI TUAI NANTI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI DENPASAR

  • Ni Komang Widyastuti Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Kadek Jayendra Dwi Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Dewa Gede Purnama Yasa Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: buku interaktif, bercocok tanam, tanaman buah, tanaman bunga

Abstract

Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya serta berupaya untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah ada. Keluarga berperan penting untuk memfasilitasi anggota keluarganya agar memiliki rasa cinta terhadap lingkungan sehingga bisa lebih bertanggung jawab untuk menjaga lingkungannya dengan cara belajar bercocok tanam dan tidak merusak tumbuhan dan tidak membuang sampah sembarangan. Pada masa modernisasi bidang pertanian dan budidaya tanaman kurang digemari oleh anak – anak karena dianggap kotor dan ketinggalan zaman. Selain itu, kurangnya edukasi dalam hal budidaya tanaman menjadi salah satu faktor menurunnya minat anak – anak terhadap bidang ini. Dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data primer yang berupa metode observasi dan wawancara. Sedangkan untuk pengumpulan data sekunder diperoleh dengan cara metode kepustakaan, dokumentasi, dan kajian internet. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa, masih sedikitnya buku interaktif mengenai tema bercocok tanam yang tersebar di masyarakat sehingga buku ini dirancang untuk menambah opsi tema buku interaktif anak. Buku interaktif ini nantinya diharapkan mampu menjadi media edukasi mengenai menjaga dan merawat lingkungan bagi anak – anak terutama usia 4-8 tahun serta dapat menginspirasi untuk melakukan kegiatan bercocok tanam di lingkungan rumah.

References

[1] Ismail M. Jen. 2021. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (1):60.
[2] Lesmi Kirana, Triyani. 2022. “Upaya Guru Dalam Penanaman Kesadaran Diri Terhadap Lingkungan Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat”. 4 (2):458
[3] Wihardjo Sihadi Darmo & Rahmayanti Henita. 2021. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jawa Tengah: Penerbit PT Nasya Expanding Management.
[4] Damar Aris Arya. 2021. “Perancangan Game Tata Cara Bercocok Tanam Berbasis Android”. Thesis. Jember: PS Teknologi Informasi Pliteknik Negeri Jember.
[5] Nugraha Bayu. 2015. “Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak. 4 (1):562
[6] Ratnasari Eka Mei. 2020. “Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini”. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 8 (2):187.
[7] Wijaya, Shan Immanuel, Gede Pasek Putra Adnyana Yasa, and Gede Jaya Putra. "PERANCANGAN BUKU EDUKASI TERRARIUM MINI GREENHOUSE DI KABUPATEN BADUNG." Jurnal Selaras Rupa 3.1 (2022): 36-47.
[8] Pratama, I. TA: Penciptaan Buku Pop-up Mesatua Bali Berjudul" I Lubdhaka" Dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Diss. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2015.
Published
2023-12-28
How to Cite
Widyastuti, N. K., Putra, I. K. J. D., & Yasa, I. D. G. P. (2023). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF TANAM KINI TUAI NANTI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 4(2), 36-47. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/767

Most read articles by the same author(s)