PERANCANGAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI CHANNEL YOUTUBE KEYBEE ANIMATION

Authors

  • Kadek Khrisna Bayu Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Kadek Angga Dwi Astina Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Kadek Jayendra Dwi Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

game online, animasi, YouTube, media promosi

Abstract

Salah satu media hiburan yang banyak diminati saat ini adalah game online. Ironisnya walaupun dikatakan sebagai media hiburan, game online juga dapat membuat orang-orang kesal dan frustrasi karena tidak semua game bersifat kasual, ada juga beberapa game online yang sifatnya kompetitif. Seiring dengan waktu, rasa frustrasi yang dialami secara terus-menerus dapat memengaruhi emosi dan kesehatan mental seperti berperilaku agresif, pikiran menjadi kacau, suka menyalahkan orang lain, dan menarik diri dari lingkungan sosial, hal tersebut tentunya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Isu tersebut menjadi daya tarik penulis untuk mempromosikan channel YouTube Keybee Animation yang merupakan channel hiburan dengan konten animasi parodi 2 dimensi tentang game kompetitif bernama VALORANT. Dalam perancangan ini metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, kuesioner, kepustakaan, dan kajian internet. Dalam proses perancangannya, penulis merancang animasi promosi 2 dimensi, konten animasi parodi 2 dimensi, banner dan thumbnail YouTube, konten media sosial, poster dan sticker dengan kode QR. Media-media tersebut dirancang dengan konsep "Atraktif, Menghibur, dan Relevan". Dengan adanya perancangan media promosi ini diharapkan dapat mengenalkan channel Keybee Animation lebih luas sehingga membantu menghibur lebih banyak orang-orang yang frustrasi karena bermain game kompetitif.

References

[1] Gunawan. 2013. Gunawan, Bambi Bambang. 2013. Nganimasi Bersama Mas Be!. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[2] Gunawan, Hengky & Virgio, David & Haryanto,. 2022. Perbedaan Antara Game Kasual dan Game Kompetitif Terhadap Perkembangan Jumlah Pemain Game Online Serta Pengaruh Genre Tersebut Bagi Para Pemainnya.
[3 Haryuni. Siti. 2013. Psikoterapi Frustasi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4, 53-69
[4] Soleh, Andi Muhammad, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SUSU KEDELAI MY SOYA." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 1-10.
[5] Kusuma Putra, G. 2019. Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media YouTube. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 259-265.
[6] Morissan. 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Tepadu. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Downloads

Published

2023-05-21

How to Cite

Bayu, K. K., Astina, K. A. D., & Putra, I. K. J. D. (2023). PERANCANGAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI CHANNEL YOUTUBE KEYBEE ANIMATION. Jurnal Selaras Rupa, 4(1), 46–53. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/627