PERANCANGAN BOARD GAME ULAR DAN TANGGA UNTUK EDUKASI KOSAKATA BAHASA BALI

  • Made Raymond Holland Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Kadek Angga Dwi Astina Institut Desain dan Bisnis Bali
  • A.A. Sagung Intan Pradnyanita Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: board game edukasi, kosakata, bahasa bali

Abstract

Bahasa Bali adalah bahasa tradisional yang kini sedang menghadapi tantangan dalam pemertahanan dan penggunaannya terutama di kalangan anak – anak usia 7 hingga 12 tahun. Faktor – faktor seperti kompleksitas bahasa Bali hingga pengaruh budaya global telah menyebabkan terbatasnya penggunaan bahasa Bali dalam komunikasi sehari – hari. Keterbatasan kosakata dalam bahasa Bali pada usia dini dapat berdampak buruk bagi eksistensi bahasa Bali di masa yang akan datang. Melihat fenomena tersebut, penulis merancang sebuah board game edukasi kosakata bahasa Bali yang berbasis permainan ular dan tangga dengan tujuan memperluas kosakata bahasa Bali anak – anak usia 7 hingga 12 tahun. Penulis berharap dengan dirancangnya board game yang berjudul MABALI : Ular dan Tangga ini mampu menjadi media baru yang efektif dalam upaya meningkatkan kosakata bahasa Bali pada anak-anak usia 7 hingga 12 tahun melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif.

References

[1] Busela, O., Himpong, M. D., and Koagouw F. V. I. A. (2018). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Melestarikan Bahasa Daerah Suku Wayoli Di Desa Gamsida Kecamatan Ibu Selatan Maluku Utara.
[2] Ratnawati, Kusumah, R., and Chayati, N. (2021). Korelasi Peran Orang Tua Terhadap pemertahanan Bahasa Sunda Sebagai Bahasa Ibu Di Daerah Kuningan. Jurnal Golden Age Vol. 5 (2). E-ISSN : 2549-7367.
[3] Donosuko, F. (2021). Pengembangan Metode Dan Teknik Mengajar Yang Berorientasi Kemampuan Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling Vol. 21 (1).
[4] Mashuri and Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Perbankan Syariah, Vol.1 (1): 97-112.
[5] Kalaivani, T., & Sumathi, S. (2018). A Study on Consumer Behaviour Using VALS Framework. International Journal of Management and Applied Science.
[6] Pratama, I. Gede Yudha. "Fenomena Perubahan Dalam Pelestarian Budaya Mesatua Bali." Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya 6.1 (2021).
[7] Saputra, I. Made Dwi Prastika Adi, Dewa Gede Purwita, and AA Sagung Intan Pradnyanita. "PERANCANGAN KOTAK HANACARAKA SEBAGAI MEDIA PENGENALAN AKSARA BALI PADA ANAK DI DENPASAR." Jurnal Selaras Rupa 3.1 (2022): 57-64.
[8] Putri, AA Ayu Indah Andriani, I. Putu Sinar Wijaya, and AA Sagung Intan Pradnyanita. "PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN AKSARA BALI UNTUK SISWA SD DI DENPASAR." Jurnal Selaras Rupa 3.1 (2022): 10-19.
Published
2023-12-28
How to Cite
Holland, M. R., Astina, K. A. D., & Pradnyanita, A. S. I. (2023). PERANCANGAN BOARD GAME ULAR DAN TANGGA UNTUK EDUKASI KOSAKATA BAHASA BALI. Jurnal Selaras Rupa, 4(2), 1-9. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/763