PERANCANGAN KANTOR REDAKTUR DAN PUSAT PENGEMBANGAN JURNALISTIK TERPADU UNTUK KALANGAN PELAJAR SMP DAN SMA KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Benediktus Eric Susanto Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Nyoman Gema Endra Persada
  • Dion Eko Prihandono

Keywords:

Jurnalistik, Jurnalis, Pelajar, Modern, Organic

Abstract

Teknologi dan informatika membawa bidang jurnalistik semakin berkembang menuju dunia maya. Perkembangan tersebut memberikan peluang bagi jurnalis meraih lebih jauh tragedi di sekitar mereka. Tidak hanya jurnalis, pelajar masa kini ikut ambil andil dalam meliput suatu kejadian di sekitar mereka. Pelajar semakin tergugah pada jurnalistik berkat adanya internet. Jurnalis memiliki ruang yang mendukung seperti internet dan kantor redaktur hingga tercipta Jurnalistik Daring. Sedangkan kalangan pelajar SMP dan SMA terutama di Kabupaten Badung, hanya mengandalkan internet untuk meliput tanpa mengasah lebih tajam bakat dan minat mereka, karena tidak memiliki wadah yang mumpuni. Tujuan dari perancangan ini adalah menambahkan fasilitas pada kantor redaktur untuk pengembangan bakat pelajar dengan tema modern dan konsep organic.

Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi menuju tiga lokasi terpilih berupa bangunan sejenis, wawancara dengan narasumber yang bekerja sebagai wartawan, studi banding dan dokumentasi serta menggunakan beberapa data mengenai topik utama pada perancangan. Data kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menekankan kebenaran yang didapat.

Data-data yang telah terkumpul akan dianalisis lebih lanjut terkait kebutuhan perancangan kantor redaktur sebagai pusat pengembangan jurnalistik. Maka ditentukanlah pendekatan tema Modern mewakili citra perkantoran yang lugas, tegas, dan aktual diimbangi dengan konsep Organic mewakili jiwa muda pelajar yang bebas, fleksibel, dan ringan memberikan nuansa baru terhadap perkantoran di masa kini.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Susanto, B. E., Persada, N. G. E., & Prihandono, D. E. (2022). PERANCANGAN KANTOR REDAKTUR DAN PUSAT PENGEMBANGAN JURNALISTIK TERPADU UNTUK KALANGAN PELAJAR SMP DAN SMA KABUPATEN BADUNG. Jurnal ISpectrum, 1(2), 183–196. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/ispectrum/article/view/487