PELATIHAN KOMPREHENSIF DAN MEMBERDAYAKAN MEDIA SOSIAL PADA CGA

Authors

  • Andreas James Darmawan Desain Komunikasi Visual, Jakarta Internasional University
  • Samuel Rihi Hadi Utomo Desain Komunikasi Visual, Jakarta Internasional University
  • Peter Min Hyuk Yoo Desain Komunikasi Visual, Jakarta Internasional University
  • Alfrina Sefiani Losung Desain Komunikasi Visual, Jakarta Internasional University
  • Antonia Christmagda Satianegara Desain Komunikasi Visual, Jakarta Internasional University
  • Rachel Zefanya Oranto Desain Komunikasi Visual, Jakarta Internasional University

DOI:

https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1145

Keywords:

Media Sosial, Pelatihan Digital, Keterampilan Praktis

Abstract

Menguasai pengelolaan media sosial di era digital merupakan keterampilan penting, terutama bagi calon pemimpin masa depan. Untuk mengatasi tantangan ini, Program Studi Visual Communication Design di Jakarta International University (VCD JIU) merancang program pendidikan komprehensif untuk siswa di Cornerstone Global Academy (CGA). Program ini bertujuan memberikan keterampilan praktis dalam navigasi digital serta pemahaman mendalam tentang etika dan strategi media sosial. Metode pengajaran di VCD JIU mencakup pengenalan dasar, strategi pemasaran, dan demonstrasi penggunaan alat desain seperti Canva. Melalui workshop, siswa akan dibimbing dalam pembuatan konten menarik, sehingga dapat menjadi konsumen cerdas dan pencipta yang terampil dalam lanskap media sosial yang dinamis. Dalam inisiatif pengabdian ini, VCD JIU berfokus pada peningkatan pemahaman siswa tentang media sosial dan membantu pengembangan keterampilan praktis. Siswa akan diberi kesempatan untuk memproduksi konten inovatif melalui interaksi sosial online. Partisipasi dalam Seminar Nasional memberi siswa kesempatan untuk mempresentasikan hasil dan temuan. Teknologi menjadi elemen kunci dalam program ini. Penggunaan platform media sosial, software desain grafis seperti Canva, keterampilan penulisan digital, dan akses sumber daya online membantu siswa memahami dan menguasai media sosial. Pengajaran dilakukan di sekolah CGA, sementara seminar nasional diadakan secara daring melalui Zoom, mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dan peluang di dunia digital yang terus berkembang.

References

Andriana AN, Hijrah L, Putri DA, Putri WU, Fauziah S, Darus CO. 2022. Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). Apr 16;6(2):1477-85.

Baginda, B.H., Singarimbun, R.N. and Hasibuan, E.H., 2022. Penggunaan Sosial Media Interaktif Di Masa Pandemi Guna Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa SMK Halongonan Kelas X. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), pp.1-6.

Heptariza A, Prasiani NK, Darmawan AJ. 2023. Pengaruh kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee. Journal of Applied Management Studies. Jul 1;4(2):97-111.

Irsan, I., Pertiwi, A. and Fina, R., 2021. Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), pp.1412-1417.

Isnain AR, Sulistiani H, Darwis D, Yasin I. 2023. Pelatihan Desain Konten Media Sosial menggunakan Canva. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service. Mar 30;1(4):206-10.

Oktalyra R, Dwi C, Ananda K. 2021. Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Remaja Di Daerah Cikokol Tangerang. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat. May 3;1(2):54-9.

Rizanta, G.A. and Arsanti, M., 2022, July. Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 560-568).

Sihwinarti D, Darmawan AJ, Heptariza A, Ramayu IM, Erawati KN. 2024. Zero Waste Circular Economy: Transforming Chocolate Production into Chocolate Jam in Bali. Jurnal Ekonomi. Apr 3;13(02):1-4.

Sindang, E. 2013. Manfaat media sosial dalam ranah pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.

Turnip, E.Y. and Siahaan, C., 2021. Etika berkomunikasi dalam era media digital. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(04), pp.38-45.

Utomo SR. 2023. Analisis Multimodal Representasi Ibu pada Feed Instagram@ jokowi: Ibu Yang Berdaya (?). Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi. Jul 6;5(1):25-36.

Werthi KT, Perwira AG, Putri NL. 2023. Pelatihan Pembuatan Konten Positif, Kreatif di Sosial Media di Lingkungan Pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Jan 3;6(1):275-8.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

PELATIHAN KOMPREHENSIF DAN MEMBERDAYAKAN MEDIA SOSIAL PADA CGA . (2024). Jurnal Lentera Widya, 5(2), 111-118. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1145

Most read articles by the same author(s)