PENGENALAN ANGKA MELALUI MENGGAMBAR BINATANG UNTUK TK MUTIARA
DOI:
https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v6i2.1565Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Taman Kanak-Kanak, Pengenalan Angka, Menggambar Binatang, Creative Mimicry LearningAbstract
Pengenalan angka sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam perkembangan kemampuan berhitung dan pemahaman matematika anak. Namun, dalam praktiknya, banyak anak-anak usia taman kanak-kanak (TK) yang cenderung menyukai aktivitas menggambar dibandingkan mengenal angka secara langsung. Fenomena ini menjadi latar belakang kegiatan pengabdian masyarakat dari Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Jakarta International University (JIU) yang dilakukan di TK Mutiara. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan konsep angka secara kreatif melalui pendekatan creative mimicry learning, yaitu metode pembelajaran yang meniru dan menyesuaikan minat anak (dalam hal ini menggambar binatang) untuk menyisipkan unsur numerik secara alami dalam aktivitas menggambar. Kegiatan dilaksanakan dalam empat kelompok usia, dibimbing langsung oleh empat dosen dan 19 mahasiswa DKV JIU. Setiap anak diberi pilihan gambar binatang yang mengandung unsur angka (misalnya jumlah kaki, bentuk tubuh, atau titik-titik pola), dan diarahkan untuk menggambar serta menghitung bagian-bagian tersebut. Hasil pengabdian berupa karya gambar anak-anak menjadi indikator keberhasilan metode, serta dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar tambahan bagi TK Mutiara. Bagi mahasiswa, kegiatan ini memberikan pengalaman berharga dalam mengajar kreativitas kepada anak-anak usia dini secara edukatif dan komunikatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andreas James Darmawan, Peter Min Hyuk Yoo, Samuel Rihi Hadi Utomo, Elizabeth Jessica Sentani, Kezia Valerine

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.