APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKERLESS TRACKING PADA MATERI PEMBELAHAN SEL DI SMA PGRI 2 DENPASAR

Authors

  • Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Christina Purnama Yanti Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Kadek Kelly Sudarmawan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Theresia Hendrawati Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

Keywords:

Augmented Reality, Markerless Tracking, Pembelahan sel

Abstract

Kemajuan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran materi pembelahan sel pada kelas XII kurikulum merdeka. Meskipun berbagai media seperti laptop, proyektor, dan video pembelajaran telah digunakan, 76% siswa di SMA PGRI 2 Denpasar masih kesulitan memvisualisasikan proses kompleks pembelahan sel. Penelitian ini mengusulkan pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Aplikasi Augmented Reality dirancang dengan metode Markerless Tracking, mencakup perancangan sistem dan antarmuka pengguna, serta pengujian seperti Blackbox Testing dan evaluasi User Experience. Aplikasi ini menyediakan akses informasi mengenai pembelahan sel dalam bentuk 3D dan menyertakan kuis interaktif, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.

References

Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Dalam JPP (Vol. 38, Nomor 1).

Arifitama, B., Syahputra, A., Bayu, K., & Bintoro, Y. (2022). Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Marker dan Markerless Tracking pada Objek Augmented Reality. Dalam Jurnal Integrasi | (Vol. 14, Nomor 1).

Fikri, V. F. (2023). Pengembangan Lesson Plan Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Pembelahan Sel di Tingkat MA / SMA. 7(1), 56–64.

Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran. Dalam Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA (Vol. 03, Nomor 01).

Pradana, R. W. (2020). Penggunaan Augmented Reality Pada Sekolah. 5, 97–115.

Wirayudi Aditama, P., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2019). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Dalam Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) (Vol. 2).

Yanti, C. P., Luh, N., Sri, W., Ginantra, R., Hendrawati, T., Ayu, D., & Wulandari, P. (2022). Pkm Penggunaan Teknologi Augmented Reality Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sma.

Yanti, C. P., Wiwik Sri, N. L., Ginantra, R., Gede, I., Stmik, A., & Indonesia, S. (2020). Pelatihan Pengenalan Augmented Reality Android di SMK Negeri 1 Denpasar 1. Dalam Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer (Vol. 2, Nomor 2).

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKERLESS TRACKING PADA MATERI PEMBELAHAN SEL DI SMA PGRI 2 DENPASAR. (2025). Jurnal Lentera Widya, 6(2), 52-59. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/lenterawidya/article/view/1327