PENGENALAN DIGITAL BRANDING SEBAGAI UPAYA PENYADARAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DUSUN MOJOSARI, GUNUNGKIDUL

Authors

  • Wisnu Setiadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Digital Branding, Pengenalan, UMKM

Abstract

Digital branding pada UMKM memiliki peran vital dalam membangun produk yang berdaya saing. Sektor UMKM di Dusun Mojosari memiliki potensi besar terhadap hal tersebut, karenanya pengabdian masyarakat oleh mahasiswa turut andil dalam mensosialisasikan digital branding. Metode pengabdian menggunakan Partisipatoris Learning and Action yang kegiatannya dilakukan melalui tahapan observasi, perencanaan, dan pelaksanaan. Hasil penelitian pengabdian ini menunjukkan respons positif masyarakat untuk mulai branding pada produknya. Temuan sisi lain, menerangkan belum optimalnya output kegiatan dikarenakan kurangnya familier masyarakat terhadap media sosial, masih menggunakan jejaring teman, dan minimnya partisipasi kehadiran pelaku UMKM. Tujuan dari pengabdian ini diharapkan pelaku UMKM tidak hanya berhenti memasarkan produknya dilingkungan teman maupun keluarga dekat. Lebih lanjut supaya produk yang dihasilkan dapat dikenal secara luas melalui pemanfaatan digital branding. Sehingga hal seperti ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

PENGENALAN DIGITAL BRANDING SEBAGAI UPAYA PENYADARAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DUSUN MOJOSARI, GUNUNGKIDUL . (2024). Jurnal Lentera Widya, 6(1), 33-38. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/lenterawidya/article/view/1336