PELATIHAN PENULISAN AKSARA JAWA BAGI KOMUNITAS PEMUDA HINDU PROBOLINGGO

Authors

  • Respati Retno Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Darni Darni Universitas Negeri Surabaya
  • Surana Surana
  • Udjang Pairin
  • Octo Dendy Andriyanto
  • Ajeng Dianing Kartika

Keywords:

Aksara Jawa, Komunitas Hindu, Penguatan Literasi

Abstract

Probolinggo termasuk kategori suku bangsa Madura juga, meskipun agak  berbeda dengan suku bangsa Jawa lainnya. Logat daerah  menjadi ciri khas orang Probolinggo yang mudah dikenali oleh suku bangsa lainnya. Orang Probolinggo yang kebanyakan berbahasa Madura juga tidak mengenal penggunaan tingkatan bahasa sebagaimana yang dipakai oleh suku bangsa Jawa asli,  khususnya Yogyakarta dan Surakarta. Aspek penggunaan bahasa inilah yang digunakan secara mudah oleh para ahli antropologi sebagai indikator untuk menentukan karakteristik (khas dan unik) suatu suku bangsa tertentu.

                Keunikan dan kekhasan masyarakat di Probolinggo mendorong tim PKM Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa untuk memberikan pelatihan penulisan aksara jawa pada pemuda hindu Probolinggo. Tujuan pelatihan aksara jawa ini adalah untuk meningkatkan literasi budaya komunitas hindu probolinggo. Selain itu juga sebagai wujud pelestarian warisan budaya jawa khususnya aksara jawa. Probolinggo juga merupakan daerah dengan tempat wisata yang beragam. Pemuda hindu Probolinggo dapat memanfaatkan kemampuan menulis aksara untuk membuat papan nama di tempat-tempat wisata di probolinggo. Selain itu Komunitas pemuda Hindu dapat memanfaatkan pengetahuan mereka terhadap aksara jawa untuk menulis maupun membaca kitab agama hindu yang ditulis menggunakan aksara jawa. Pelatihan dilaksanakan secara online maupun offline dengan menggunakan flash card sebagai bahan pelatihan. Selain itu komunitas hindu probolinggo juga bisa memanfaatkan modul tersebut untuk keberlanjutan pelatihan menulis aksara jawa.

Hasil dari penelitian ini berhasil mencapai tujuan utamanya yaitu meningkatan literasi budaya dan ketrampilan aksara Jawa di kalangan komunitas Hindu Probolinggo. Pengembangan kedepan, perlu mengembangkan modul lanjutan, pendekatan interaktif, serta penguatan keberlanjutan. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memberikan dampak positif pembelajaran aksara jawa pada komunitas hindu probolinggo.

Kata Kunci : Aksara Jawa, Komunitas Hindu, Penguatan Literasi

References

Aji, R. H. S. 2020. Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395-402.

Bahar, M. S., et al. (2022). Model Partisipasi Berbasis Komunitas dalam Pembangunan Desa: Potret Masyarakat Samin dan Tengger di Jawa Timur. UINSA Repository. Retrieved from repository.uinsa.ac.id

Barizi, A. (2011). Pendidikan Integratif: Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. UIN Malang Repository. Retrieved from repository.uin-malang.ac.id

Endryanti, E. R., Roekhan, R., & Wijayati, P. H. 2020. Ayo Sinau Basa Jawa: Bahan Digital Penunjang Pembelajaran Kosakata Bahasa Jawa Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 307-313.

Ernawati, A., & Saifudin, A. 2018. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. 3(4):249-306.

Evans, C. (2014). Twitter for teaching: Can social media be used to enhance the process of learning? British Journal of Educational Technology, 45( 5), 902–915.

Handoko, T. Hani. 2001.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Hapsari, D. A. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Jawa melalui Media Kartu Huruf. UNS Digital Library.13–18.

Kalsum, N. M. U., & Saktimulya, S. R. (2017). Aksara, Naskah, dan Budaya Nusantara. Books Google. Retrieved from books.google.com

Kitzinger, J. 1996. Introducing focus groups. British Medical Journal, 311, 299-302.

Mahastama, A. W., & Krisnawati, L. D. (2021). Pemanfaatan E-Learning untuk Pembelajaran Aksara Jawa. Sendimas.

Restauri, S. L., King, F. L., & Nelson, J. G. (2001). Assessment of students’ ratings for two methodologies of teaching via distance learning: An evaluative approach based on accreditation. ERIC document 460-148, reports-research (143).

Shuey, S. (2002). Assessing online learning in higher education. Journal of Instruction Delivery Systems,16, Adhi, S. (2017). Evaluasi Perda Provinsi Jawa Tengah tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan.

Yulianto, R. (2011). Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa. UNS Digital Library.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

PELATIHAN PENULISAN AKSARA JAWA BAGI KOMUNITAS PEMUDA HINDU PROBOLINGGO . (2024). Jurnal Lentera Widya, 6(1), 1-9. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/lenterawidya/article/view/1337