PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK-ANAK MELALUI KEGIATAN SENI BERBASIS CAT DI GANG MADRASAH TANGERANG SELATAN
Keywords:
Motorik halus, Straw Painting, KreativitasAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-5 tahun di Gang Madrasah, Tangerang Selatan, melalui teknik Straw Painting. Program ini dirancang untuk melatih koordinasi gerakan kecil anak, seperti menggenggam, meniup, serta mencampur cat dengan air, yang merupakan dasar penting dalam perkembangan motorik halus anak. Dengan menggunakan teknik ini, anak-anak diberi kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menciptakan pola di atas kertas menggunakan sedotan. Melalui pendekatan Participatory Action Research, kegiatan ini melibatkan anak-anak secara aktif dalam setiap tahapan, mulai dari pengenalan konsep tekstur kasar dan halus, hingga praktik langsung Straw Painting. Program ini juga sejalan dengan tujuan RPJMN 2020–2024, yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan inklusif dan berbasis kreativitas. Selain melatih keterampilan motorik halus, kegiatan ini juga mendorong perkembangan kreativitas, imajinasi, dan kemandirian anak-anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak antusias mengikuti setiap tahap, dengan peningkatan keterampilan motorik halus yang signifikan meski ada beberapa hasil yang masih kurang rapi. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak dan membangkitkan minat mereka untuk terus berkreasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Ayu Permatasari, Trie Apsary Bhanuwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.