KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DI ATAS TOTE BAG DALAM RANGKA PERINGATAN HARI BUMI

Authors

  • Ari Rimbawan Institut DEsain dan Bisnis Bali
  • Ni Kadek Novi Sumariani Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Kadek Adi Putra Wijaya Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Chhert Sima Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Wayan Surya Dharma Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Desain dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v6i2.1592

Keywords:

Melukis, Kreatifitas Anak, Hari Bumi, Lingkungan, Keberlanjutan

Abstract

Perkembangan kreativitas pada anak‐anak prasekolah hingga sekolah dasar merupakan fase krusial yang menuntut stimulasi lewat pendekatan edukatif dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merancang workshop melukis bertema “Cintai Bumi” di Yayasan Kupu-Kupu Learning Center, Desa Sidan, Gianyar, Bali, untuk 17 peserta berusia 8–11 tahun. Media tote bag dipilih agar produk seni berfungsi sekaligus menjadi kampanye pengurangan plastik sekali pakai sesuai Pergub Bali No. 97/2018. Tujuan kegiatan ialah (1) menstimulasi dan mengembangkan kreativitas anak, (2) menanamkan kesadaran keberlanjutan dan tanggung jawab sosial melalui peringatan Hari Bumi, serta (3) memberi pengalaman belajar inovatif lewat medium seni nontradisional. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berbasis pengabdian, meliputi tahap persiapan, dua sesi pelaksanaan (sketsa dan pewarnaan menggunakan cat akrilik, masing-masing 3 jam), dan evaluasi reflektif. Observasi partisipatif, dokumentasi karya, dan wawancara singkat digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan nyata dalam keberagaman ide visual, ketepatan komposisi warna, dan kemampuan peserta mengaitkan simbol lingkungan dengan imajinasi anak-anak. antusias dan kerjasama dalam tim selama proses melukis juga menegaskan manfaat sosial berupa peningkatan komunikasi serta kepercayaan diri. Melukis di atas tote bag efektif tidak hanya sebagai sarana ekspresi artistik dan pengembangan motorik halus, tetapi juga sebagai aktivitas yang efektif sebagai media edukasi lingkungan yang menyenangkan dan aplikatif.

References

Ismoyo, Sindu Lintang. (2024). SENI RUPA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN NEUROSAINS PADA ANAK . Jurnal Sendikraf. Vol. 5 No 1 Mei 2024.

Kurnia, Selia Dwi. (2015). PENGARUH KEGIATAN PAINTING DAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM SENI LUKIS. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9 No. 2, November 2015. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.06

Mu’min, Sitti Aisyah. (2013). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET . Jurnal Al-Ta’dib . Vol. 6 No. 1 Januari-Juni. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/292/282

Nelson, Nelwandi. (2016). KREATIVITAS DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN SENI LUKIS. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). Vol 1 Desember 2016. https://core.ac.uk/download/pdf/235121929.pdf

Nurjanah, et al. (2021). Playing Through Painting Activities to Stimulate Early-Childhood Creativity. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education. https://doi.org/10.1145/3452144.3452232

Paçalı, Sevda Karaseyfioğlu. (2017). DEVELOPMENT OF ART AND CREATIVITY IN CHILDREN. European Journal of Education Studies, 3(9). https://doi.org/10.5281/zenodo.846296

Pasichnichenko, A. (2021). FORMATION OF PRESCHOOL CHILDREN’S CREATIVITY. Pedagogical Sciences, (78), 17–21. https://doi.org/10.33989/2524-2474.2021.78.249780

Papavasileiou, et al. (2020). THE ROLE OF ART IN ENVIRONMENTAL EDUCATION.Proceedings of ADVED 2020- 6th International Conference on Advances in Education. https://doi.org/10.47696/adved.202056

Rukiyah,et al.(2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi.Volume 6 Issue 4 (2022) Pages 3714-3726 https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385

Widianti, H., & Narotama, U. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Dengan Media Tote bag Di Pos Paud Maha Surabaya. Motorik: Media Pembelajaran Berorientasi Anak Usia Dini , 8 (1), 706-715.

https://doi.org/10.31090/m.v8i1.2442

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DI ATAS TOTE BAG DALAM RANGKA PERINGATAN HARI BUMI. (2025). Jurnal Lentera Widya, 6(2), 108-115. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v6i2.1592