PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL BALI MELALUI MURAL DI LAPANGAN ASTAGINA

  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: pelestarian, permainan tradisional, desain, mural

Abstract

Upaya pelestarian budaya dan tradisi dalam era modern saat ini wajib dilakukan oleh semua pihak dan khalangan. Khususnya dalam upaya pelestarian permainan tradisional yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia.  Pelestarian permainan tradisional khususnya di Bali dilakukan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Institut Desain dan Bisnis Bali, dalam bentuk kegiatan desain mural yang berlokasi di Lapangan Astagina, Desa Padangsambian Klod, Kota Denpasar. Tujuan dari kegiatan ini tiada lain sebagai salah satu upaya dalam pelestarian permainan tradisional melalui media mural di kawasan terbuka. Mural merupakan sebuah kegiatan melukis atau menggambar pada media datar, dinding, tembok atau permukaan luas yang sifatnya  permanen. Metode yang dilakukan dalam proses dan pengerjaan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah  dengan mempersiapkan desain yang terinspirasi dari permainan tradisional seperti; layang-layang, congklak, tajog  dll yang kemudian divisualkan melalui desain mural dengan gaya flat design. Hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam implementasi permainan tradisional melalui wujud visual mural di Lapangan Astagina ini memberikan warna baru sekaligus memberi edukasi mengenai permainan tradisional Bali bagi masyarakat.

References

Kusuma, I. Wayan Wijaya, I. Gede Mahendra Darmawiguna, and I. Made Gede Sunarya. "PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BOOK Permainan Tradisional “Bali”." KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) 3.7 (2014): 429-438.

Pratama, I. Gede Yudha. "KAJIAN BAHASA RUPA BUDAYA MESATUA BALI DALAM CERITA BERGAMBAR." Jurnal Bahasa Rupa 5.1 (2021): 112-121.

Utami, Ni Kadek Yuni, and Ni Made Sri Wahyuni Trisna. "RE-INTERPRETASI BUDAYA BALI PADA MURAL DI LAPANGAN ASTAGINA PADANGSAMBIAN KLOD KOTA DENPASAR." Jurnal Lentera Widya 2.1 (2020): 22-28.

Dewi, Yerica Taurusia. "Analisis Visual Mural Karakter Mongki Karya Alfajr X-go Wiratama." Jurnal Seni Rupa 4.02 (2016).

Published
2021-12-22
How to Cite
Pratama, I. G. (2021). PELESTARIAN PERMAINAN TRADISIONAL BALI MELALUI MURAL DI LAPANGAN ASTAGINA. Jurnal Lentera Widya, 3(1), 43-49. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v3i1.271

Most read articles by the same author(s)