PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE: APPLIED, DEVELOP, DESIGN, IMPLEMENT, EVALUATION PADA PERANCANGAN MEDIA EDUKATIF TEMATIK UNTUK SISWI KELAS 1 SEKOLAH DIAN HARAPAN, LIPPO VILLAGE

Authors

  • Devanny Gumulya Pelita Harapan University

DOI:

https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v4i1.431

Keywords:

media edukatif, PAUD,, pelajaran tematik

Abstract

Pembelajaran bauran adalah sistem pembelajaran masa depan, karena dengan sistem ini keunggulan dari setiap pembelajaran daring dan luring dipertemukan. Terdapat empat sistem pembelajaran bauran Sinkron Langsung (SL), Sinkron Maya (SM), Asinkron Mandiri (AM), dan Asinkron Kolaboratif (AK). Media edukatif adalah kumpulan bahan ajar dan latihan, dengan sistem pembelajaran yang baru maka dibutuhkan media edukatif yang dapat disesuaikan dengan 4 sistem pembelajaran PB. Salah satu sekolah yang menerapkan PB adalah Sekolah Dian Harapan Lippo Village. PKM dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran ADDIE: analyze, design, develop, implement, evaluation. Hasil PKM adalah media edukatif tematik “my body” untuk siswi kelas 1 dengan capaian pembelajaran identifikasi lima panca dasar manusia di pelajaran sains dan mampu membaca materi ajar lima panca dasar manusia di pelajaran bahasa.  Media edukatif terdiri dari alat peraga fisik untuk sistem pembelajaran sinkron langsung dan maya. Materi ajar video animasi untuk siswi belajar asinkron mandiri dan asinkron kolaboratif.  Hasil PKM diharapkan dapat menjadi contoh upaya merancang media edukatif yang disesuaikan dengan situasi pembelajaran bauran.

References

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI: Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15595.90408
De Bell, A. (2015). What is the ADDIE Model of Instructional Design? view-source:https://waterbearlearning.com/addie-model-instructional-design/
Derbel, F. (2017). Blended learning: Concept, emerging practices and future prospects. Proceedings of the European Conference on E-Learning, ECEL, 2010-Octob(October 2017), 142–149.
Hima, L. R. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).
Unicef. (2005). Early Childhood Development Kit : ATreasure Box of Activities Activity Guide.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE: APPLIED, DEVELOP, DESIGN, IMPLEMENT, EVALUATION PADA PERANCANGAN MEDIA EDUKATIF TEMATIK UNTUK SISWI KELAS 1 SEKOLAH DIAN HARAPAN, LIPPO VILLAGE. (2022). Jurnal Lentera Widya, 4(1), 7-17. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v4i1.431