PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MUTIARA EMAS DI DENPASAR

Authors

  • Thalia Porina Gusdi Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Sinar Wijaya Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Wayan Daryatma Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

promosi, identitas visual, mutiara emas, cookie

Abstract

Kue kering merupakan camilan yang sering disajikan sebagai hidangan hari raya seperti Idul Fitri. Seiring perkembangannya, terdapat beragam usaha kue kering salah satunya Mutiara Emas. Perancangan identitas visual Mutiara Emas di latar belakangi atas permasalahan identitas visual usaha yang masih belum dapat merepresentasikan usaha dari segi visual sesuai dengan makna nama dan citra yang ingin dibangun usaha. Maka dari itu, perancangan identitas visual Mutiara Emas dirancang untuk membangun identitas usaha yang secara visual mampu merepresentasikan usaha. Melalui metode penelitian seperti observasi, wawancara, kajian pustaka dan internet, beserta teori desain seperti identitas visual, unsur desain, prinsip dan kriteria desain, semiotika, logo, kemasan, promosi, media, teknik cetak, surface design, dan fotografi, dianalisa untuk membentuk konsep "Warm Elegant" yang berarti “Kehangatan yang Elegan” kemudian diterapkan pada media-media yang dirancang seperti Logo, Graphic Standard Manual, Kemasan Hamper, dan Feed Instagram sebagai media utama dan Tote Bag, Kartu Nama, Kemasan Primer, Kartu Ucapan, Facebook Cover, Nota, Stample, Neon Box, Katalog, dan Apron sebagai media penunjang. Sehingga diharapkan perancangan identitas visual ini dapat merepresentasikan karakteristik Mutiara Emas secara visual.

References

Ashari, Avisena. "Dulunya Makanan Bangsawan, Ini Sejarah Kue Kering yang Kini Jadi Makanan Khas Lebaran di Indonesia". Internet: https://bobo.grid.id/amp/08215436

/dulunya-makanan-bangsawan-ini-sejarah-k

ue-kering-yang-kini-jadi-makanan-khas-lebar

an-di-indonesia?page=all, 18 Mei 2020 [Mar. 1, 2023].

Soleh, Andi Muhammad, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SUSU KEDELAI MY SOYA." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 1-10.

Nugroho, Jeannie et al. 2018. “Analisis Value, Attitude, dan Lifestyle Konsumen Zara Pakuwon Mall Surabaya”. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. 6 (2):2.

Tobing, Devian Ferdiansyah Lumban. 2021. "Perancangan Desain Karakter Indonesia Direct Dengan Gaya Flat Design Untuk Membantu Visualisasi Brand Story". Tesis. Surabaya: Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika

Apridesain. “Mengenal Apa itu Flat Design, 10 Contoh dan Ciri-cirinya”. Internet: https://ww

w.apridesain.id/blog/mengenal-apa-itu-flat-d

esign/, 31 Oktober 2021 [Jun. 25, 2023].

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Gusdi , T. P., Wijaya, I. P. S., & Putra, I. W. D. (2024). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MUTIARA EMAS DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 5(1), 18–24. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1073