PERANCANGAN BRANDING MEDIA DIGITAL DISCOVER DENPASAR SEBAGAI PUSAT INFORMASI PARIWISATA KOTA DENPASAR

Authors

  • A. A. Sg. Nona Dewi Naraiswari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Maha Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Wayan Daryatma Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

branding, media digital, media promosi

Abstract

Guna memperkenalkan dan mengembangkan media digital Discover Denpasar sebagai pusat informasi pariwisata Kota Denpasar, yang bertujuan untuk meningkatkan minat, angka kunjungan, dan kenyamanan berwisata para calon wisatawan, serta membantu industri terkait didalamnya. Dibutuhkan adanya branding bagi media informasi berbasis digital itu sendiri, ditengah maraknya media informasi berbasis digital lain yang mulai bermunculan dan bersaing untuk menjadi pilihan audiens. Untuk dapat mengetahui konsep branding yang tepat bagi media digital Discover Denpasar tersebut, diperlukan berbagai tahapan. Seperti pengumpulan hingga analisis data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian internet. Serta analisis pada target segmentasi pasar hingga brainstorming yang menghasilkan konsep “Vibrant” bagi branding media digital Discover Denpasar. Rancangan branding yang efektif, komunikatif, dan menarik yang diimplementasikan pada beragam media. Seperti brand guidelines yang didalamnya terdapat beragam unsur-unsur branding. Serta desain website dan konten media sosial (Instagram dan TikTok) sebagai media yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk citra media digital Discover Denpasar. Selain itu terdapat pula perancangan maskot, poster digital, pemanfaatan google display ads, sticker mobil, cinderamata, dan seragam sebagai media pendukung bagi publikasi branding media digital Discover Denpasar. Serta pemanfaatan media lain yang relevan digunakan di masa kini. Sehingga melalui hal-hal tersebut, perancangan ini diharapkan mampu memperkenalkan dan mengembangkan media digital Discover Denpasar.

References

Sufi & Sabri. (2020). “Perwujudan Industri Pariwisata 4.0 Melalui Implementasi Digital Tourism di Kota Lhokseumawe”. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikkusaleh (JSPM). 1 (1): 79-96.

Antoro R. (2019). “EKUITAS MEREK BANK SYARIAH DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG”. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intai Lampung.

Prayogi, dkk. (2022). “Perancangan Strategi Visual Kreatif Branding Mie Balap Samping Rel”. PROPORSI Journal. 8 (1):94-103.

Vianti, dkk. (2021). “Strategi Media Branding Pengembangan Sektor Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat sebagai Destinasi Wisata Internasional”. AdministrativA. 3 (1): 103-110.

Pratama, I. Gede Yudha. "Desain Mural Sebagai Media Komunikasi Visual Perwujudan Destination Branding Desa Wisata Bongan." Jurnal Bahasa Rupa 6.1 (2022): 81-89.

Tamara A. (2016). “Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis”. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 4 (3): 395-406.

Nugroho, dkk. (2018). “Analisis Value, Attitude dan Lifestyle Konsumen Zara Pakuwon Mall Surabaya”. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya. 3 (2):1-7.

Bayu D. (2022). “Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia Pada 2022”, (Online),(https://dataindonesia.id/digital/detail/remaja-paling-banyak gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022, diakses 5 Mei 2023)

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Naraiswari , A. A. S. N. D., Putra, I. K. A. M., & Putra, I. W. D. (2024). PERANCANGAN BRANDING MEDIA DIGITAL DISCOVER DENPASAR SEBAGAI PUSAT INFORMASI PARIWISATA KOTA DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 5(1), 57–65. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1078