PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF KANCIL DAN BUAYA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK - ANAK DI DENPASAR
Abstract
Banyak pesan moral dari dongeng Si Kancil dan Buaya yang berguna bagi anak untuk menghadapi masalah. Di era modern banyak kendala untuk anak mendengarkan dongeng. Mulai dari kesibukan orang tua, sampai kurang minat anak untuk membaca. Maka, penulis mengangkat suatu topik tugas akhir yaitu merancang buku interaktif berbasis Augmented Reality untuk cerita Kancil dan Buaya yang bertujuan untuk menyampaikan pesan didalam cerita dengan cara yang baik dan menyenangkan. Dalam pengumpulan data, menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner sebagai metode pengumpulan data primer sedangkan metode kajian pustaka, dan kajian internet sebagai metode pengumpulan data sekunder. Perancangan buku interaktif berbasis Augmented Reality untuk cerita Kancil dan Buaya menggunakan beberapa teori seperti, teori layout, teori animasi, jenis kertas, teori warna, teori ilustrasi, teori tipografi, teori media, prinsip desain, kriteria desain dan teknik cetak. Setelah melakukan brainstorming dan mendapat beberapa kata kunci, Penulis menentukan konsep “Colorful Adventure”. Maka untuk mewujudkan konsep tersebut diperlukan media - media yang tepat untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam cerita Si kancil dan Buaya. Media tersebut dibagi menjadi dua, media utama dan media penunjang, buku cerita bergambar, Aplikasi AR, dan akun media sosial sebagai media utama. Maskot, poster, Display Produk (buku), Souvenir, X-banner sebagai media penunjang.
Copyright (c) 2021 Tubagus Jamal A’dom, I.G.A.A. Widiari Widyaswari, Gede Pasek Putra Adnyana Yasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.