PERANCANGAN GAME PETUALANGAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN BADUNG

  • Ni Putu Cening Semila Harum Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ngurah Adhi Santosa Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Dewa Gede Purwita Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: mobile game, destinasi wisata, promosi

Abstract

Sebagai salah satu kabupaten yang memiliki banyak sekali destinasi wisata terkenal, menjadikan Kabupaten Badung sebagai kabupaten yang masyarakatnya menggantungkan hidupnya dengan bekerja pada sektor pariwisata. Sehingga dinas pariwisata Kabupaten Badung sendiri pun sudah melakukan usaha promosi destinasi wisata dengan menggunakan media konvensional. Akan tetapi akibat dari pandemi Covid 19 menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor paling terpuruk. Sehingga usaha konvensional yang sebelumnya dilakukan tidak efektif. Berdasarkan permasalahan di atas menciptakan momentum untuk mengembangkan mobile game  sebagai media promosi alternatif. Dengan merancang mobile game  yang memberikan informasi terkait dengan atraksi yang ada di setiap destinasi pariwisata Kabupaten Badung, mulai dari lokasi, monumen terkenal, hingga kegiatan apa yang bisa dilakukan saat berwisata. Untuk menyusun penulisannya, metode yang akan digunakan adalah metode dokumentasi, kepustakaan, kajian internet, metode observasi dan wawancara. Dalam merancang mobile game  sebagai media promosi destinasi pariwisata ini penulis menggunakan konsep “Playful Journey” yang diartikan ingin mengajak untuk berpetualang di destinasi wisata yang imajinatif agar dapat mengetahui suasana, kegiatan ataupun atraksi yang ada di destinasi wisata yang sebenarnya melalui mobile game .

Published
2021-12-28
How to Cite
Cening Semila Harum, N. P., Adhi Santosa, N., & Purwita, D. G. (2021). PERANCANGAN GAME PETUALANGAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN BADUNG. Jurnal Selaras Rupa, 2(2), 112-121. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/288