PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PROMOSI MEPANTIGAN BALI

Authors

  • Dandy Salvira Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Dewa Gede Purwita Institut Desain dan Bisnis Bali

Abstract

Mepantigan Bali merupakan sebuah tempat wisata yang tersembunyi di Bali, namun tempat ini memiliki potensi yang sangat besar. Mepantigan Bali adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata budaya yang ada di Bali, Namun uniknya adalah destinasi wisata ini menggabungkan banyak elemen pariwisata menjadi satu mulai dari wisata budaya, alam, olahraga, dan kuliner. Namun permasalahannya ialah kurangnya media promosi yang tepat dan efektif, maka dari itu dibutukan perancangan media komunikasi visual promosi yang mampu mempromosikan Mepantigan Bali sehingga dapat lebih dikenal luas oleh wisatawan yang datang ke Bali. Perancangan ini menggunakan metode observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi, serta kajian internet. Konsep yang digunakan dalam perancangan media promosi ini adalah “Exploring of Culture and Nature” dengan mengusung gaya desain late modern yang mengedepankan kesederhanaan dengan bentuk geometris yang terdistorsi, tata letak struktur yang polos, sederhana, dan non-dekoratif. Dengan media promosi desain website, e-book, sosial media, roll-banner, brosur, merchandise, suvenir, iklan majalah, dan signage.

References

Ariastini, Widhiarini, Oktaviani, dan Semara. 2018. Mepantigan Alternatif Pengembangan Sport Tourism Berbasis Budaya. Bali: Jayapangus Press.

Arcana, Komang Trisna Pratiwi, Trivena Hani, and I. Made Sudjana. "TOURISTS PERCEPTION OF “MEPANTIGAN,” BALINESE TRADITIONAL MARTIAL ART AS ALTERNATIVE TOURISM ATTRACTION IN GIANYAR, BALI." Journal of Business on Hospitality and Tourism 5.1 (2019): 142-158.

Arista, Olieq, I. Gede Sutarya, and I. Ketut Arta Widana. "Pengelolaan Seni Mepantigan Sebagai Atraksi Wisata di Desa Batubulan Kabupaten Gianyar." IHDN DENPASAR (2017).

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Poerwadarminta, W.J.S. 2000. Model – Model Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pravitri, Aldilla Deby. PELESTARIAN KEBUDAYAANMEPANTIGAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DIBALI. Diss. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta, 2018.

Sarwono, Jonathan dan Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi

Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2009. Nirmana Elemen – Elemen Seni Dan Desain.Yogyakarta: Jalasutra.

Hernawati, Ni Luh Yuni, Ni Wayan Nanadaryani, and I. Gede Yudha Pratama. "PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI KOPI SEMEJA DI BADUNG." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021):35-44.

Downloads

Published

2022-05-21

How to Cite

Salvira, D., Pratama, I. G. Y., & Purwita, D. G. (2022). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PROMOSI MEPANTIGAN BALI. Jurnal Selaras Rupa, 3(1), 20–27. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/374

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>