PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SANISCARA PERFUMERY

  • I Gede Arta Wiya Dipa Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Made Sri Wahyuni Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: identitas visual, promosi, parfum, bali

Abstract

Aktifitas new normal di tahun 2022 membuat banyak kegiatan sosial yang berlangsung secara offline. Saat beraktifitas dalam sosial, masyarakat menggunakan parfum untuk menunjang kepercayaan diri. Berangkat dari sinilah penulis berkeinginan untuk mengembangkan salah satu parfum yang unik yaitu “Saniscara Perfumery” karena mengangkat daerah wisata di bali untuk dijadikan varian parfum untuk digunakan dengan percaya diri oleh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kajian online dan kajian Pustaka. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis membutuhkan identitas visual dan media promosi dengan konsep “Natural Exclusivity Sensation” yang berarti sensasi eksklusivitas natural.. Media yang akan dirancang berupa GSM, konten media sosial, packaging, stationery, papperbag, standing banner dan standing display. Melalu media tersebut diharapkan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap parfum lokal untuk bisa bersaing di kancah nasional dan internasional.

References

[1] Sudarijati, Sudarijati, et al. "PENGEMBANGAN KETRAMPILAN DAN MANAJEMEN USAHA BAGI UMKM PADA MASA PANDEMI DI DESA CIBEUREUM KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BOGOR." Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat 7.1 (2021): 19-29.

[2] Purnami, Dewa Ayu Feby, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PROMOSI CLASSY HENNA DI BADUNG." Jurnal Selaras Rupa 2.2 (2021): 122-129.

[2] Sulianti, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

[3] Wesfix, Tim. 2017. Branding Itu "Diterapkan", Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Grasindo

[4] Jotnathan, Sarwono dan Lubis Hary. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset, 2007.

[5] Sarwono, Jonathan dan Lubis, Hary. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual, Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI.

[6] Hariyanti,2017, www.ukmindonesia.id, “Potret UMKM Indonesia : Si Kecil Berperan yang Besar” (diakses tanggal 10 April 2022, 15:20 WITA)
Published
2022-12-28
How to Cite
Dipa, I. G. A. W., Pratama, I. G. Y., & Wahyuni, N. M. S. (2022). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SANISCARA PERFUMERY. Jurnal Selaras Rupa, 3(2), 28-37. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/496

Most read articles by the same author(s)