PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI “PENTINGNYA BERKEBUN!” SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SONGAN

Authors

  • I Putu Dian Permana Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Arya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Edukasi, Buku Ilustrasi, Berkebun, Anak-anak

Abstract

Bidang perkebunan sudah sangat melekat bagi masyarakat Desa Songan. Berkebun sudah menjadi mata pencaharian mayoritas di desa tersebut. Kegiatan berkebun juga masih diajarkan di sekolah-sekolah yang ada di desa. Salah satunya SDN 3 Songan, diajarkan melalui kegiatan luar ruangan dan juga pembelajaran dari media buku, namun buku yang ada di SDN 3 Songan masih sangat minim, terutama buku ilustrasi tentang berkebun. Berkaitan dengan Desain Komunikasi Visual, media pembelajaran tentang berkebun yang ditemukan, kebanyakan berupa teks dengan minim gambar/ilustrasi dan visual yang kurang menarik, sehingga media buku ilustrasi “Pentingnya Berkebun!” penulis rancang sebagai media pendukung pembelajaran dan pelatihan cara berkebun yang sederhana,  menarik dan efektif khususnya pada anak Sekolah Dasar Negeri 3 Songan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan berupa observasi, wawancara bersama narasumber, kuesioner dan data kepustakaan baik dari buku, jurnal maupun online serta dokumentasi. Kemudian, dilakukan analisis terhadap media yang sudah ada dan didapatkan sintesis berupa buku ilustrasi, buku panduan, maskot serta media promosi untuk memperkenalkan media buku, khususnya pada anak-anak yaitu; merchandise (tumbler, gantungan kunci, pulpen, pin), stiker, poster, x-banner, dan konten media sosial instagram.

References

Putri, Bella Jufita. Ini Manfaat Ajarkan Anak Berkebun. https://www.liputan6.com/health/read/2479583/ini-manfaat-ajarkan-anak-berkebun.

Pratama, I. Gede Yudha, and Tia Syafitri. "Efektivitas Media Digital Dalam Amin, D. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Dengan Metode Menggambar. Jurnal Ilmiah Umum (JIUM), Vol. 1. No.1

Putra, Kadek Widia, I. Gede Yudha Pratama, and I. Gusti Ayu Widiari Widyaswari. "PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SATWA ENDEMIK BALI SEBAGAI SARANA EDUKASI UNTUK ANAK-ANAK DI TK NEGERI BELANTIH." Jurnal Selaras Rupa 4.1 (2023): 8-15.

Andra Tersiana. 2018. Metode Penelitian. Penerbit Yogyakarta. Yogyakarta

Perkembangan Budaya Mesatua Bali." SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi). Vol. 3. 2020.

Janottama, I & Arya, P, A. 2017. Gaya Dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh Pada Cerita Rakyat Bali. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni 5.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V Andi Offset (Penerbit Andi).

Wardoyo Tunggul Cipto. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jurnal.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Permana , I. P. D., Pratama, I. G. Y., & Putra, I. P. D. A. (2024). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI “PENTINGNYA BERKEBUN!” SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SONGAN. Jurnal Selaras Rupa, 5(1), 10–17. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1072

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>