PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SATWA ENDEMIK BALI SEBAGAI SARANA EDUKASI UNTUK ANAK - ANAK DI TK NEGERI BELANTIH

  • Kadek Widia Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gusti Ayu Widiari Widyaswari Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: buku ilustrasi, satwa endemik, alam, bali

Abstract

Pulau Bali memiliki keanekaragaman hayati, diantaranya adalah satwa-satwa endemik yang dilindungi. Akan tetapi satwa-satwa tersebut belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat khususnya anak-anak dibeberapa daerah Bali, diantaranya adalah Desa Belantih. Oleh karena itu penulis bertujuan untuk merancang media belajar untuk ana-anak di TK Negeri Belantih berupa buku ilustrasi yang bertemakan satwa endemik Bali. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kepustakaan dan kajian internet. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis membutuhkan media promosi dengan konsep “Beauty of Nature”. Media yang dirancang dalam penelitian ini adalah buku ilustrasi, buku mewarnai, poster, x-banner, box packaging, t-shirt, tote bag, stiker dan mini figure. Melalui media-media ini diharapkan mampu untuk memberikan edukasi mengenai satwa endemik Bali terhadap anak-anak di TK Negeri Belantih.

References

[1] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
[2] Galavan, 2014 “SWOT” (Online) (https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/ diakses pada 15/03/2022/pukul 14.55 Wita).
[3] Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
[4] Pratama, I. Gede Yudha, Muhammad Bahruddin, and Darwin Yuwono Riyanto. Penciptaan Buku Pop-up Mesatua Bali Berjudul “I Lubdhaka” Dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Diss. Universitas Dinamika, 2016.
[5] Pratama, I. TA: Penciptaan Buku Pop-up Mesatua Bali Berjudul" I Lubdhaka" Dengan Teknik Pull Tab Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional. Diss. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2015.
[6] Pujiriyanto. 2012. Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Published
2023-05-21
How to Cite
Widia Putra, K., Pratama, I. G. Y., & Widyaswari, I. G. A. W. (2023). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SATWA ENDEMIK BALI SEBAGAI SARANA EDUKASI UNTUK ANAK - ANAK DI TK NEGERI BELANTIH. Jurnal Selaras Rupa, 4(1), 8-15. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/621