PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA KELECUNG ECO VILLAGE TABANAN

Authors

  • Diva Martina Mahagitadewi Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gst Bgs Bayu Baruna Ariesta Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

desa wisata, eco-village, desa kelencung, visual branding

Abstract

Desa Wisata Kelecung yang berlokasi di Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan merupakan desa dengan potensi pariwisata berkembang karena memiliki banyak hal menarik untuk dijelajahi akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui keberadaan Desa Wisata Kelecung. Dalam hal ini untuk membantu mempromosikan Desa Wisata kelecung untuk dikenal lebih luas oleh masyarakat lokal maupun mancanegara dibutuhkan media perancangan visual branding. Penulisan ini bertujuan untuk Membantu merancang visual branding di Desa Wisata Kelecung Eco Village Tabanan agar bisa menambah minat wisatawan baik wisatan domestik maupun mancanegara. Metode penelitian menggunakan pendekatan metode penelitian primer yang meliputi observasi, wawancara serta kuisioner dan metode penelitian sekunder yang meliputi kepustakaan, dokumentasi dan kajian pustaka. Metode desain meliputi analisis data, sintesis, perancangan media, program media, perancangan kreatif dan konsep desain. Penelitian ini menghasilkan Perancangan Visual Branding di Desa Kelecung Eco Village Tabanan. Adapun perancangan yang berhasil diselesaikan pada penelitian ini adalah konten sosial media, stationery, foto frame, direction board, topi, totebag, dan merchandise, tatakan gelas, stainless straw, t-shirt dan template desain sosial media.

References

Aditiawan, R. (2011). Mahir Fotografi Untuk Hobi dan Bisnis. Jakarta : Laksar Aksara.

Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.

Dendy, S. (2011). Buku Praktis Bahasa Indonesia 2.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Deepublish.

Hendratman, H. (2017). Computer Graphic Design : Warna Layout Teks Logo Ilustrasi Efek produksi WPAP. Hendi Hendratman.

Morrisan. 2010. Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jakarta : Penerbit Kencana.

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta.

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit Andi.

Sugeng Widada, L. S. (2008: 92). Journal Enriching Corporate Identity dalam Perancangan Graphic Standart Manual.

Santoso, S. (2013). Creative Advertising. Elex Media Komputindo.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. “Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan.” Yogyakarta : Dimensi Press.

Sugono, Dendy, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Pusat Bahasa.

Sugono, Dendy, dkk. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Pratama, I. Gede Yudha. "Desain Mural Sebagai Media Komunikasi Visual Perwujudan Destination Branding Desa Wisata Bongan." Jurnal Bahasa Rupa 6.1 (2022): 81-89.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Mahagitadewi, D. M., Ariesta , I. G. B. B. B., & Pratama, I. G. Y. (2024). PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA KELECUNG ECO VILLAGE TABANAN. Jurnal Selaras Rupa, 5(1), 48–56. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/1077

Most read articles by the same author(s)