PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PEMANFAATAN BUS TRANS METRO DEWATA

Authors

  • Mario Marcelo Soba Liko Institut Desain dan Bisnis Balisc
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Mah a Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

media, kampanye, buas, angkutan umum

Abstract

Setiap provinsi di Indonesia memiliki berbagai macam transportasi umum, salah satu daerah yang memiliki berbagai macam transportasi umum adalah Provinsi Bali mempunyai angkutan umum Bus Trans Metro Dewata. Bus Trans Metro Dewata merupakan alternatif angkutan umum yang menjadi bagian dari program Teman Bus yang memiliki banyak kelebihan. Meskipun begitu masih banyak masyarakat yang kurang berminat dalam menggunakan Bus Trans Metro Dewata yang disebabkan oleh kurang informasi dan kurang sosialisasi yang mengajak masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Metro Dewata. Oleh karena itu penulis tertarik untuk merancang sebuah media kampanye yang memberikan informasi mengenai Bus Trans Metro Dewata dan mengajak masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Metro Dewata. Penulis mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Konsep yang akan diterapkan dalam perancangan media kampanye pemanfaatan Bus Trans Metro Dewata adalah “Informative and Fun” dengan media yang akan dibuat yaitu maskot, video animasi motion graphic, konten instagram, poster, peta rute, kaos/t-shirt, tote bag, tumbler, x-banner, booth, cut out figure, dan kartu e-money. Dengan merancang media kampanye ini, dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Metro Dewata.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PEMANFAATAN BUS TRANS METRO DEWATA. (2023). Jurnal Selaras Rupa, 4(2), 48-56. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/768

Most read articles by the same author(s)