PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PEMANFAATAN BUS TRANS METRO DEWATA

  • Mario Marcelo Soba Liko Institut Desain dan Bisnis Balisc
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Mah a Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: media, kampanye, buas, angkutan umum

Abstract

Setiap provinsi di Indonesia memiliki berbagai macam transportasi umum, salah satu daerah yang memiliki berbagai macam transportasi umum adalah Provinsi Bali mempunyai angkutan umum Bus Trans Metro Dewata. Bus Trans Metro Dewata merupakan alternatif angkutan umum yang menjadi bagian dari program Teman Bus yang memiliki banyak kelebihan. Meskipun begitu masih banyak masyarakat yang kurang berminat dalam menggunakan Bus Trans Metro Dewata yang disebabkan oleh kurang informasi dan kurang sosialisasi yang mengajak masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Metro Dewata. Oleh karena itu penulis tertarik untuk merancang sebuah media kampanye yang memberikan informasi mengenai Bus Trans Metro Dewata dan mengajak masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Metro Dewata. Penulis mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Konsep yang akan diterapkan dalam perancangan media kampanye pemanfaatan Bus Trans Metro Dewata adalah “Informative and Fun” dengan media yang akan dibuat yaitu maskot, video animasi motion graphic, konten instagram, poster, peta rute, kaos/t-shirt, tote bag, tumbler, x-banner, booth, cut out figure, dan kartu e-money. Dengan merancang media kampanye ini, dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Metro Dewata.

References

[1] Kompas. 2022 “ Trans Metro Dewata: Harga Tiket, Rute, dan Jadwal Keberangkatan Teman Bus Denpasar Terbaru ” (https://denpasar.kompas.com/read/2022/07/06/170512178/trans-metro-dewata-harga-tiket-rute-dan-jadwal-keberangkatan-teman-bus?page=all, diakses pada 11 Maret 2022, pukul 21: 04 WITA)
[2] Teman Bus, “Bali” (https://temanbus.com/bali/, diakses pada 02 Maret 2023, pukul 21:29 WITA)
[3] Bali, Post 2021 “MASIH MINIM, KESADARAN MASYARAKAT GUNAKAN TRANSPORTASI UMUM”z(https://www.balipost.com/news/2021/10/12/220886/Masih-Minim,Kesadaran-Masyarakat-Gunakan...html, diakses pada 06 Februari 2023, pukul 19:51 WIB)
[4] Maharani, N. D., Gunadi, I. G. A., & Setemen, K. (2023). Prediksi Jumlah Penumpang Bus Trans Metro Dewata Pada PT. Satria Trans Jaya Menggunakan Double Exponential Smoothing dan Weighted Moving Average. Jurnal Serambi Engineering, 8(2).
[5] Tribunnews, “ Gung Adhi Sebut Pemprov Bali Kurang Sosialisasi, Bus Trans Metro Dewata Sepi Penumpang ” (https://bali.tribunnews.com/2021/04/26/gung-adhi-sebut-pemprov-bali-kurang-sosialisasi-bus-trans-metro-dewata-sepi-penumpang?page=all, diakses pada 15 Juli 2023, pukul 20:00 WITA).
[6] Green, Network. 2021 “CINTABILITAS, Kampanye untuk Transportasi Publik Inklusif di Indonesia” (https://greennetwork.id/unggulan/cintabilitas-kampanye-untuk-transportasi-publik-inklusif-di-indonesia/, diakses pada 08 April 2023, pukul 01:24 WITA)
[7] Sahir. 2021. Metodologi Penelitian , Yogyakarta : Penerbit KBM Indonesia
[8] Ainiyah, Nur. (2018). “Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.Anggito, Albi & Setiawan, Johan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
[9] Chrismastianto, Imanuel Adhitya Wulanata. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 133-144.
[10] Pengestu, I. Made Fajar, et al, (2022). “PERANCANGAN KOMIK JENAKA TENTANG PERILAKU MASYARAKAT BALI MENGHADAPI COVID-19”. Jurnal Selaras Rupa, 3(2), 51-59.
[11] Manurung, F., & Albar, D. (2022). Video Motion Graphic Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring. DIVAGATRA-Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 2(2), 143-159.
[12] Ids, education. 2018 “APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FLAT DESIGN?” (https://idseducation.com/apa-saja-kelebihan-dan-kekurangan-flat-design/, diakses pada 21 Mei 2023, pukul 00:26 WITA)
[13] Wulandari, Ni Putu Eka Putri, Ngurah Adhi Santosa, and AA Ngurah Bagus Kesuma Yudha. "VIDEO PENDEK SEBAGAI MEDIA INFORMASI DALAM KAMPANYE YUK NGE-BUS." Jurnal Selaras Rupa 4.1 (2023): 16-21.
Published
2023-12-28
How to Cite
Liko, M. M. S., Pratama, I. G. Y., & a Putra, I. K. A. M. (2023). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA KAMPANYE PEMANFAATAN BUS TRANS METRO DEWATA. Jurnal Selaras Rupa, 4(2), 48-56. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/768

Most read articles by the same author(s)