PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI KOPI SEMEJA DI BADUNG

  • Ni Luh Yuni Hernawati Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Wayan Nanadaryani Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gede Yudha Pratama Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: Kopi, Semeja Promosi, Kedai

Abstract

Kopi saat ini tidak lagi sekedar menjadi minuman untuk membuka hari, pendamping makanan ringan maupun penghilang kantuk. Saat ini kopi bisa dinikmati dalam berbagai waktu, kondisi, dan suasana. Olahan-olahan kopi yang semakin bervariasi, membuat kopi semakin digemari dan menjadi salah satu bagian dari gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia khusunya masyarakat Bali. Pada jaman ini masyarakat Indonesia khususnya Bali sudah mulai terlihat café, restaurant maupun rumah makan melirik kopi menjadi menjadi produk andalan mereka termasuk Kedai Kopi Semeja sebuah usaha yang menjual kopi. Adapun tujuan dalam perancangan ini yaitu mempromosikan suatu kedai yang menjual olahan kopi yaitu Kedai Kopi Semeja. Dalam perancangan media promosi Kedai Kopi Semeja metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, metode, metode dokumentasi, metode kepustakaan, metode penelusuran data online. Selain menggunakan metode pengumpulan data dalam merancang medi promosi penulis juga menggunakan beberapa teori yaitu unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, kriteria desain, teori videografi, teori packaging, teori teknik cetak, dan teori layout. Maka dari itu untuk menarik minat konsumen terutama orang dewasa, penulis merancang media promosi Kedai Kopi Semeja dengan konsep “Eksotik Kopi Lokal” yang menampilkan kesan elegan, kuat dan berkarakter yang diambil dari aroma kopi dan rasa kopi yang khas dan kuat. Dalam proses perancangannya, penulis akan membuat media promosi berupa video, poster, packaging, menu, stationery, paper bag, iklan majalah, voucher, seragam karyawan, x-banner sebagai penunjang.

Published
2021-05-25
How to Cite
Hernawati, N. L. Y., Nanadaryani, N. W., & Pratama, I. G. Y. (2021). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI KOPI SEMEJA DI BADUNG. Jurnal Selaras Rupa, 2(1), 35-44. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/210

Most read articles by the same author(s)