PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BRAND FASHION “ANA” DI BADUNG

Authors

  • I Putu Septyan Saskara Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Andreas James Darmawan Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Putu Dudyk Arya Putra Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

brand, fashion, promosi, usaha, kabupaten badung

Abstract

Baju adalah kebutuhan yang memang di butuhkan oleh seseorang, bukan hanya untuk menutupi dan melindungi badan. Baju juga di jadikan sebagai fashion oleh seseorang untuk bekerja maupun jalan – jalan. Salah satu usaha fashion yang baru terjun ke dunia retail adalah usaha bernama Brand Fashion Ana, dimana sebelum menjadi usaha kaos retail Brand Fashion Ana adalah usaha yang bergerak di bidang jasa yaitu jasa sablon yang bernama Percetakan Ana Sablon. Pada masa pandemi covid-19 durasi waktu 2019 akhir - 2022 usaha Percetakan Ana Sablon mengalami guncangan, dimana industri sulit beroperasi di masa pandemi. Karena memutuskan untuk menjadikan usaha retail yang bernama Brand Fashion Ana, tentunya masih sedikit masyarakat yang mengetahui brand ini terutama di Kabupaten Badung. Maka dari itu, sangat di perlukan untuk melakukan promosi dan memanfaatkan media komunikasi visual sebagai sarana untuk memperkenalkan usaha Brand Fashion Ana. Dalam hal itu, di lakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi, kuesioner, dan melakukan wawancara bersama narasumber serta menggunakan data kepustakaan seperti buku dan jurnal online, sehingga bisa menciptakan media komunikasi visual yang Informatif dan Komunikatif. Media yang digunakan adalah Feed Instagram, Papan Nama, Marketplace, Baju Kaos, Poster, Plastik Kemasan Baju, Paper Bag, Thanks Card, Stiker, Hang Tag.

References

1] Imas Indra. 2019. 5+ Perbedaan B2B, B2C, & C2C Marketing yang Wajib Anda Ketahui. Diakses pada 8 April 2022, dari https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-b2b-dan-b2c/
[2] Hernawati, Ni Luh Yuni, Ni Wayan Nanadaryani, and I. Gede Yudha Pratama. "PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI KEDAI KOPI SEMEJA DI BADUNG." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 35-44.
[3] Sarwono, Jonathan, dan Hary Lubis. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
[4] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[5] Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
[6] Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PERUMAHAN PT. BERLIAN BERSAUDARA PROPERTINDO (Studi Kasus Perumahan Taman Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 90-95.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Saskara, I. P. S., Darmawan, A. J., & Putra, I. P. D. A. (2022). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BRAND FASHION “ANA” DI BADUNG. Jurnal Selaras Rupa, 3(2), 16–22. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/494

Most read articles by the same author(s)