PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI INFINITY STORE DI DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Indah Wulandari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Wayan Nandaryani Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Andreas James Darmawan Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Perancangan, Identitas Visual, Media Promosi, Kerajinan Tangan, UMKM, Unik.

Abstract

Infinity Store adalah sebuah UMKM yang bergerak pada bidang kerajinan tangan dan juga art prints. Produk yang diproduksi yaitu berupa kerajinan yang dilukis, disulam dan art prints. Produk Infinity Store memiliki keunikan tersendiri, yaitu jenis produk yang dijual, terutama kerajinan yang disulam dan yang dilukis. Keunikan lainnya yaitu terletak pada ciri khas atau karakter yang mereka miliki yaitu warna-warna cerah dan pemilihan objek gambar yang cenderung kekanak-kanakan.  Dengan berbagai keunggulan tersebut, ada juga kekurangan yang dimiliki. Logo Infinity Store kurang mencerminkan karakter dari UMKM tersebut. Logo yang digunakan saat ini masih menggunakan desain lama, mengikuti produk awal yang digunakan yaitu batu. Karena produk Infinity Store kini sudah lebih beragam, maka perancangan ulang logo diperlukan guna untuk memperlihatkan karakter dari Infinity Store itu sendiri. Kemudian media promosi yang digunakan juga masih minim, baik dari jenis-jenis media yang digunakan serta kurang mencerminkan karakter dari Infinity Store. Metode yang digunakan dalam proses perancangan ini meliputi metode observasi, wawancara, kuesioner, kepustakaan, kajian internet dan dokumentasi. Media yang dibuat untuk menunjang identitas visual dan promosi Infinity Store yaitu Logo dan GSM, Katalog, Feeds Instagram dan juga Stationery Set, X-Banner, Label, Seragam, Paper Bag dan Kartu Member. Dengan dibuatnya media ini diharapkan mampu membantu Infinity Store memperkenalkan produknya kepada masyarakat.

References

[1] Soleh, Andi Muhammad, I. Gede Yudha Pratama, and Agung Wijaya. "PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI SUSU KEDELAI MY SOYA." Jurnal Selaras Rupa 2.1 (2021): 1-10.
[2] Rangkuti, Freddy. 2011. “SWOT BALANCED SCORECARD Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko”. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
[3] Surianto, Rustan. 2009. “Mendesain Logo”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
[4] Sanyoto, Ebdi Sadjiman. 2009. “Nirmana Elemen-Elemen Seni dan Desain”. Yogyakarta:Jalasutra.
[5] Yunus, Ulani . 2019. “Digital Branding Teori dan Praktik”. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset

Downloads

Published

2023-05-21

How to Cite

Wulandari, N. P. I., Nandaryani, N. W., & Darmawan, A. J. (2023). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI INFINITY STORE DI DENPASAR. Jurnal Selaras Rupa, 4(1), 36–42. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/625