PENERAPAN GAYA VISUAL KONSEP KARTUN PADA PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI NUR LEARNING CENTRE UBUD

Authors

  • I Putu Arka Prasetya Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Komang Angga Maha Putra Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Wayan Nandaryani Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

Belajar, media pembelajaran, Anak - anak, Efektif

Abstract

Saat ini banyak tempat bimbingan belajar yang menyediakan tempat untuk pembelajaran anak yang baru memulai untuk mengenal huruf dan membaca. Salah satunya tempat bimbingan yang terletak di Ubud yaitu Nur Learning Centre. tempat bimbingan ini memiliki keterbatasan media mengajar yang kurang menarik sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. media pembelajaran yang digunakan saat ini di Nur Learning Centre Ubud kurang menarik minat anak – anak untuk mengikuti proses pembelajaran, Diharapkan kedepannya dengan perancangan media komunikasi visual untuk sarana pembelajaran ini bisa membantu terciptanya sistem pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan menyenangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan berupa metode observasi, wawancara, dan data kepustakaan serta dokumentasi. Hasilnya adalah bagaimana merancang media komunikasi visual yang bisa menarik minat anak – anak untuk mengikuti pembelajaran, dan menciptakan suasana belajar menjadi lebih menarik dan efektif.

References

[1] Yusi Srihartini. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online Di Era Pandemi Covid-19”. Bogor: Tarbiatuna vol.1
[2] Pratama, I. Gede Yudha. "Kajian Bahasa Rupa Budaya Mesatua Bali Dalam Cerita Bergambar." Jurnal Bahasa Rupa 5.1 (2021): 112-121.
[3] Pratama, I. Gede Yudha. "Fenomena Perubahan Dalam Pelestarian Budaya Mesatua Bali." Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya 6.1 (2021).
[4] Hardani, aulia dkk. 2020. “Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif”. Yogyakarta: pustaka ilmu Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-05-21

How to Cite

Prasetya, I. P. A., Maha Putra, I. K. A., & Nandaryani, N. W. (2023). PENERAPAN GAYA VISUAL KONSEP KARTUN PADA PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI NUR LEARNING CENTRE UBUD. Jurnal Selaras Rupa, 4(1), 41–45. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/626