PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BRAND FASHION TAS WANITA POPSIO.ID

Authors

  • Farriz Fardani Zulkifli Institut Desain dan Bisnis Bali
  • A.A. Ngurah Bagus Kesuma Yudha Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Wayan Nandaryani Institut Desain dan Bisnis Bali

Keywords:

toko online, media promosi, popsio.id

Abstract

Saat ini, jumlah pengguna internet di Indonesia terus berkembang pesat, hal ini juga sejalan dengan berkembangnya toko online, karena hal itu persaingan toko online juga meningkat pesat terutama pada bidang fashion yang juga dirasakan oleh Popsio.id. Popsio.id merupakan salah satu brand lokal yang menjual tas wanita dengan harga terjangkau dibawah Rp.99.000,00. Meskipun memiliki keunggulan seperti harga produk yang terjangkau namun Popsio.id memiliki beberapa kendala seperti pembeli sering melupakan keberadaan Popsio.id, banyaknya pesaing dari seluruh Indonesia dan kurangnya media promosi yang efektif. Berangkat dari sinilah penulis ingin membantu toko online Popsio.id untuk merancang media promosi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness agar mampu bersaing pada pasar toko online di Indonesia dan masyarakat bisa semakin mengenal Popsio.id. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan penelurusan daring. Berdasarkan analisis data tersebut maka muncul konsep “Elegan Feminim” untuk membuat visualisasi desain media promosi diantaranya, feeds Instagram, story Instagram, video TikTok, banner website, foto katalog produk, video katalog produk, packaging voucher thank you card, baju karyawan. Melalui media-media tersebut diharapkan tujuan dan pesan dari media promosi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat atau calon pembeli.

References

[1] Bagus Kesuma Yudha, A. A. N. 2021. Pembangunan Industri Perfilman Bali Dengan Konsep Bekerja Tulus Ikhlas Khas Kearifan Bali Yang Bernilai Ekonomis. Senada, 4, 1-8.
[2] Darmawan, A. J. 2010. Proses Kerja Komputer yang dapat Mengoptimalkan Hasil Komunikasi Visual secara Efisien. Humaniora, 1(2), 187-195.
[3] Anggraini & Nathalia, Kirana. 2018. Desain Komunikasi Visual; Dasar- Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
[4] Anugerah Ayu Sendari, 2021. “8 Tujuan Promosi dalam Pemasaran, Pengertian, Bentuk,dan Strateginya”, (Online), https://hot.liputan6.com/read/4506677/8-tujuan-promosi-dalampemasaran-pengertian-bentuk-dan-strateginya, diakses 29 April 2022.
[5] Julianti, Sri. 2014. The art of packaging. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[6] Sugono, Dendi. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Zulkifli, F. F., Yudha, A. N. B. K., & Nandaryani, N. W. (2022). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BRAND FASHION TAS WANITA POPSIO.ID. Jurnal Selaras Rupa, 3(2), 1–8. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/492