PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF “KOK PANAS YA?” UNTUK ANAK-ANAK DI BADUNG

  • Ni Putu Ayu Utami Institut Desain dan Bisnis Bali
  • I Gusti Bagus Bayu Baruna Ariesta Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Made Sri Wahyuni Trisna Institut Desain dan Bisnis Bali
Keywords: buku interaktif, pemanasan global, konservasi energi, anak-anak

Abstract

Pemanasan global merupakan isu lingkungan yang berdampak serius pada kesehatan bumi. Fenomena ini menyebabkan perubahan iklim akibat kenaikan suhu rata-rata secara global. Salah satu upaya penanggulangan pemanasan global dapat dimulai dari lingkungan terdekat yaitu di rumah salah satunya dengan melakukan konservasi energi. Kesadaran mengenai hal ini tentunya harus diajarkan sejak dini agar kebiasaan dan tanggung jawab menjaga lingkungan yang sudah terasah dari usia anak-anak terbawa sampai dewasa. Namun, media pembelajaran mengenai konservasi energi untuk anak-anak yang ditemukan belum memenuhi standar kebutuhan anak-anak usia dini. Permasalahan inilah yang melandasi perancangan ini. Dalam data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, kuesioner, didapatkan kesimpulan mengenai kurangnya pengetahuan anak-anak soal pemanasan global dan penyebabnya. Selain itu, melalui metode kepustakaan dan sumber internet, dapat ditarik kesimpulan mengenai pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai edukasi hemat energi sejak dini Data-data yang telah terkumpul kemudian di analisis dengan tujuan menentukan media pembelajaran dan promosi serta konsep desain yang tepat dan efektif untuk diaplikasikan pada target perancangan. Dari analisis tersebut diputuskan mengangkat konsep “Save The Earth, Start at Home” yang akan diimplementasikan pada media edukasi berupa buku interaktif dengan media promosi meliputi animasi trailer buku, konten media sosial Instagram, poster, x-banner, cut-out standee, gantungan pintu, magnet kulkas, tumbler, dan tote bag.

References

[1] Harahap, Devi. (2023). “Suhu Bumi di 2022 Capai Rekor Terpanas Kelima Sepanjang Sejarah”. Internet: https://mediaindonesia.com/weekend/551808/suhu-bumi-di-2022-capai- rekor-terpanas-kelima-sepanjang-sejarah, [14 Februari 2023].
[2] Sulkan, Mohammad. (2019). Pemanasan Global dan Masa Depan Bumi. Semarang: Penerbit Alprin.
[3] Purwoko, Satria Aji. (2022). “5 Penyebab Pemanasan Global Dan Cara Sederhana Untuk Mencegahnya”. Internet: https://hellosehat.com/sehat/informasi- kesehatan/penyebab-pemanasan-global/, [13 Februari 2023].
[4] Rizaty, Monavia Ayu. (2023). “Konsumsi listrik per Kapita di Indonesia Naik 4,45% pada 2022”. Internet: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/konsumsi-listrik-per-kapita-di-indonesia-naik-445-pada-2022, [13 Februari 2023].
[5] Puteri, W. A., Aditia, P., & Swasty, W. (2015). Perancangan Buku Interaktif Untuk Anak Usia 3-5 Tahun. eProceedings of Art & Design, 2(3).
[6] Sudarsana, I. K. 2018. Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 1(1).
[7] Riyanto, Slamet, dkk. 2021. Analisis SWOT sebagai Penyusunan Startegi Organisasi. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
[8] Nasrudin, Ahmad. (2022). “Values, Attitudes, and Lifestyles (VALs): Kategori dan Mengapa Penting”. Internet: https://cerdasco.com/delapan-kategori-dalam- segmentasi-psikografis-menggunakan-vals/, [20 April 2023].
[9] Putri, AA Ayu Indah Andriani, I. Putu Sinar Wijaya, and AA Sagung Intan Pradnyanita. "PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI PEMBELAJARAN AKSARA BALI UNTUK SISWA SD DI DENPASAR." Jurnal Selaras Rupa 3.1 (2022): 10-19.
[10] Pratama, I. Gede Yudha. "Kajian Bahasa Rupa Budaya Mesatua Bali Dalam Cerita Bergambar." Jurnal Bahasa Rupa 5.1 (2021): 112-121.
Published
2023-12-28
How to Cite
Utami, N. P. A., Ariesta, I. G. B. B. B., & Trisna, N. M. S. W. (2023). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF “KOK PANAS YA?” UNTUK ANAK-ANAK DI BADUNG. Jurnal Selaras Rupa, 4(2), 27-35. Retrieved from https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/766