PENDAMPINGAN MBKM BINA DESA: REDESAIN DAN REVITALISASI FASILITAS SDN 1 BATURITI, KABUPATEN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i2.1024Keywords:
Pendampingan Bina Desa, Re Desain,Revitalisasi, Fasilitas SekolahAbstract
Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) bina desa memiliki konsep kemerdekaan berpikir dan memberikan peluang mahasiswa untuk mengasah kemampuan, bakat, dan minat di dunia kerja untuk dipersiapkan dan dimatangkan kompetensi, pengalaman, dan kemampuannya. Bina desa yang dilakukan dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di luar kampus untuk menggali potensi dan menemukan masalah sehingga dapat langsung diberikan solusi sesuainya dengan kompetensi yang dimilikinya dalam rangka pemberdayaan masyarakat berbasis produk unggulan desa. Tulisan ini bertujuan untuk mengekplorasi potensi dan masalah apa sajakah yang dimiliki oleh SDN 1 Baturiti, menganalisis fasilitas apa sajakah yang dapat dikembangkan di SDN 1 Baturiti untuk ditingkatkan kualitas lingkungan sekolah dan mengkaji solusi untuk mewujudkan pengembangan fasilitas di SDN 1 Baturiti tersebut. Hasil temuan yang didapat bahwa Desa Baturiti memiliki potensi alam di bidang pertanian dan perkebunan yang sangat melimpah. SDN 1 Baturiti memiliki nilai historis sebagai bangunan warisan kolonial Belanda. Metode yang digunakan adalah metode participatory action research sebagai fasilitator, motivator, negosiator, supervisor, komunikator, dan evaluator untuk mencari, menggali, dan menemukan ide bersama dalam eksperimen dan eksplorasi pemecahan masalah di lapangan. Hasil kegiatan MBKM bina Desa Baturiti adalah redesain dan pengembangan fasilitas SDN 1 Baturiti melalui revitalisasi fasilitas dan sarana prasarana untuk melestarikan dan membangun karakteristik historis sekolah sehingga menambah kekayaan dan khasanah budaya bangsa dan menambah wawasan, dan pengetahuan.
References
Fanani, A. F., Astutik, W., & Wahyono, D. (2014). Analisis Undang-undang Desa. Jurnal Dialektika, 4(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i1
Pranajaya, I. K., Emmy Nutrisa Dewi, Sri Rahayu. (2023). Pendampingan Pembuatan Masterplan dan Revitalisasi Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Lumbung , Desa Pakraman Soka , Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Jurnal Lentera Widya, 5(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i1
Rizkiyah Putri Najma, R. (2023). Perancangan Redesain Pola Ruang Parkir pada Area Komersial di JL. Ciater Barat dan JL> Raya rawa buntu Tanggerang Selatan. Jurnal Gewang, 5(1), 53–58. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/gewang/article/view/10022
Tranggono, D., Ramadhani, F., Afriana, A. E., Yuyun, E. M., Lesmana, A. W., & Indah, I. N. (2022). Menggunakan Limbah Daun Bekas Untuk Proses. Jurnal Abdimas Patikala, 2(1), 399–405. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/patikala.v3i3
Utami, S., Wulansari, V., Malini, I. G. A., Putu, P., Ari, W., Engelina, E., Wayan, I., Winiati, O., Baruna, I. G. B. B., Ayu, I. G. A., & Kameswari, W. (2023). Pelatihan Ecoprint dengan Teknik Pounding untuk Siswa- Siswi Sekolah Dasar di Wilayah Desa Baturiti Tabanan Bali. Jurnal Lentera Widya, 5(1), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v5i1
Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307–6317. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1828
Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Peran Program Merdeka Belajar Kampus. Jurnal Comm-Edu, 5(2), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Kadek Prana jaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.